Peran Dinas Lingkungan Hidup Dalam Pengelolaan Sampah Di Kabupaten Aceh Tengah

Fahmu Rizki, 180403005 (2023) Peran Dinas Lingkungan Hidup Dalam Pengelolaan Sampah Di Kabupaten Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peran Dinas Lingkungan Hidup Dalam Pengelolaan Sampah Di Kabupaten Aceh Tengah] Text (Peran Dinas Lingkungan Hidup Dalam Pengelolaan Sampah Di Kabupaten Aceh Tengah)
Fahmu Rizki, 180403005, FDK, MD, 082362532079.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Dinas Lingkungan Hidup Dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Aceh Tengah”. Sampah merupakan permasalahan yang tidak dapat dihindari dengan bertambahnya jumlah penduduk setiap tahunnya, pada akhir tahun 2020 tercatat 215.468 jiwa. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, Pada 2021 Aceh Tengah menghasilkan sampah sebanyak 22,22 juta ton pertahunnya. Kondisi tersebut berbeda dengan tahun 2020 yang jumlah sampahnya justru lebih tinggi sebanyak 37,06 juta ton pertahun. Membuang sampah sembarangan seperti di tepi sungai, tepi jalan dan tepi jurang sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah, dikarenakan Tidak tersedianya TPS(Tempat Penampungan Sementara) Sampah dibeberapa titik wilayah. Tujuan penelitian untuk mengetahui Peran Dinas Lingkungan Hidup dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Aceh Tengah dan untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Dinas Lingkungn Hidup Dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian Pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup sudah berperan dalam pengelolaan sampah di Aceh Tengah dengan memberikan sosialisasi terhadap masyarakat dan menyediakan fasilitas tempat pembuangan sampah pada satu titik, tetapi masyarakat masih memerlukan penampungan dibeberapa titik wilayah lainnya, hanya saja masi ada masyarakat yang kurang sadar dalam membuang sampah pada tempatnya yang menyebabkan pencemaran lingkungan yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Fahmu Rizki
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:29
Last Modified: 08 Feb 2023 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26569

Actions (login required)

View Item
View Item