Tamstilul Ma'sāh fī Qasīdah "Al-Quds" Li Nizār Qabbānī (Dirāsah simiya’iyyah)

Siti Halimatun Sakdah, 180502074 (2023) Tamstilul Ma'sāh fī Qasīdah "Al-Quds" Li Nizār Qabbānī (Dirāsah simiya’iyyah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Tamstilul Ma'sāh fī Qasīdah "Al-Quds" Li Nizār Qabbānī (Dirāsah simiya’iyyah)] Text (Tamstilul Ma'sāh fī Qasīdah "Al-Quds" Li Nizār Qabbānī (Dirāsah simiya’iyyah))
Siti Halimatun Sakdah, 180502074, FAH, BSA, 081375011665.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Tamtsilul Ma’sah fi Qashidah “Al-Quds” li Nizar Qabbani (Dirasah Simiya’iyyah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui semiotika tragedi pada qasidah “Al-Quds”. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan menggunakan teori semiotik Michael Riffaterre. Adapun hasil yang di peroleh dari penelitian yaitu : (1) Pembacaan Heuristik yaitu pembacaan untuk memahami puisi tanpa konteks sastra, (2) Pembacaan Hermeunetik yaitu pembacaan demgam penafsiran dan penafsiran dengan konteks tuturan, (3) ketidaklangsungan ekspresi yaitu metafora, personifikasi, dan alegori, (4) Matriks yaitu tragedi, (5) Model yaitu tragedi yang membuat banyak umat islam menderita, tragedi kota Yerussalem, tragedi yang menyisakan sejarah kelam, dan tragedi yang diperkirakan akan berakhir, (6) varian yaitu bait-bait yang terkait dalam model dan (7) latar penciptaan puisi ini yakni kondisi Nizar Qabbani saat itu sedih dan penuh amarah setelah pelanggaran kota Yerussalem yang dicintainya, setelah kehilangan putranya, dan pembunuhan istrinya Bilqis dalam pengeboman di Yerussalem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siti Halimatun Sakdah
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:41
Last Modified: 08 Feb 2023 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26572

Actions (login required)

View Item
View Item