Analisis Layanan Anak Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi

Rizka Husna, 180503158 (2023) Analisis Layanan Anak Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Analisis Layanan Anak Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi] Text (Analisis Layanan Anak Dalam Pengembangan Kreativitas Anak Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi)
Rizka Husna, 180503158, FAH, IP, 082272310650.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Layanan Anak dalam Pengembangan Kreativitas Anak di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui layanan anak dalam pengembangan kreativitas anak yang berada di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari pustakawan dan kepala seksi bidang pelayanan dan kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis layanan anak yang ada di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi yaitu layanan peminjaman koleksi, layanan bimbingan membaca, layanan mendongeng/storytelling, layanan pertunjukan film/audiovisual dan layanan permainan anak. Selain jenis layanan anak, perpustakaan juga menyediakan program khusus yang diselenggarakan oleh pihak perpustakaan dalam pengembangan kreativitas anak melalui perlombaan seperti melukis, mewarnai, cipta puisi, berpidato, storytelling, adapula kegiatan fun learning yang diadakan di rumah baca di bawah naungan Dinas Perpustakaaan dan Arsip Daerah Kota Tebing Tinggi dimana anak-anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan sambil bermain yaitu belajar bahasa Inggris, kesenian seperti tari. Dengan diadakannya kegiatan-kegiatan tersebut anak-anak dapat lebih antusias dan senang berkunjung ke perpustakaan selain itu juga mampu mendorong anak dalam pengembangan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rizka Husna Rizka
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:12
Last Modified: 08 Feb 2023 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26574

Actions (login required)

View Item
View Item