Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Siswa Kelas II MIS Lamgugob Kota Banda Aceh

Nurjannah, 170209023 (2023) Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Siswa Kelas II MIS Lamgugob Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Siswa Kelas II MIS Lamgugob Kota Banda Aceh] Text (Peningkatan Keterampilan Membaca Melalui Penerapan Model Numbered Heads Together (NHT) Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Siswa Kelas II MIS Lamgugob Kota Banda Aceh)
Nurjannah, 170209023, FTK, PGMI, 082276684004.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas II-B MIS Lamgugob ditemukan bahwa masih ada siswa yang kurang mampu membaca. Dalam upaya peningkatan keterampilan membaca yang lebih baik peneliti mencoba menerapkan salah satu model dan media pembelajaran yaitu model Numbered Heads Together (NHT) dan media kartu huruf. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dengan menggunakan media kartu huruf di kelas II-B MIS Lamgugob Kota Banda Aceh, dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I yaitu 91,07% dan meningkat pada siklus II menjadi 94,64%. Aktivitas siswa juga meningkat 76,78% pada siklus I menjadi 92,85% pada siklus II. Sedangkan hasil tes membaca pada siklus I yaitu 72,72% meningkat menjadi 87,87% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Numbered Heads Togerher (NHT) dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurjannah Nur
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:36
Last Modified: 09 Feb 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26575

Actions (login required)

View Item
View Item