Penggunaan Miniatur Sistem Penyaluran Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh.

Muhammad Zaki Fuadi, 180211027 (2023) Penggunaan Miniatur Sistem Penyaluran Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Miniatur Sistem Penyaluran Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh] Text (Penggunaan Miniatur Sistem Penyaluran Tenaga Listrik Pada Mata Pelajaran Jaringan Distribusi Tenaga Listrik Di SMK Negeri 2 Banda Aceh)
Muhammad Zaki Fuadi, 180211027, FTK, PTE, 082361777161.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penyaluran tenaga listrik merupakan suatu sistem distribusi yang berguna untuk menyalurkan tenaga listrik dari sumber daya listrik besar hingga sampai ke konsumen. Pada pelajaran jaringan distribusi tenaga listrik sangat dibutuhkan oleh setiap peserta didik agar lebih memahami secara penuh untuk meningkatkan kecerdasan dan minat dalam belajar. Namun fakta dilapangan ditemukan bahwa siswa kurang aktif dalam proses belajar, mereka kurang memahami secara teori yang diberikan mengenai sistem distribusi tenaga listrik, sehingga hasil dari proses belajar mengajar peserta didik tidak sesuai yang diharapkan. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus permasalahannya adalah bagaimana proses pembuatan miniatur sistem penyaluran tenaga listrik oleh peserta didik pada siswa kelas XI teknik jaringan tenaga listrik SMK Negeri 2 Banda Aceh, bagaimana kelayakan media miniatur sistem penyaluran tenaga listrik dan materi ajar sistem distribusi tenaga listrik dari hasil validasi media dan validasi materi, dan bagaimana hasil belajar siswa dalam penggunaan miniatur sistem penyaluran tenaga listrik pada mata pelajaran sistem distribusi tenaga listrik siswa kelas XI teknik jaringan tenaga listrik SMK Negeri 2 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuntitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara validasi, observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembuatan media miniatur sistem penyaluran tenaga listrik sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran, dapat dilihat dari data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes akhir (post-test) menunjukkan hasil yang memuaskan lebih tinggi dengan nilai rata-rata 90,00 dibandingkan dengan nilai pre-test dengan rata-rata 61,65. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar pre-test dan hasil belajar post-test yang artinya dalam penggunaan media miniatur penyaluran tenaga listrik sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar untuk pelajaran sistem distribusi tenaga listrik pada siswa kelas XI Teknik Jaringan Tenaga Listrik SMK Negeri 2 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Miniatur, Jaringan Disribusi Tenaga Listrik, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Muhammad Zaki Fuadi
Date Deposited: 08 Feb 2023 02:24
Last Modified: 08 Feb 2023 02:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26580

Actions (login required)

View Item
View Item