Hubungan Kualitas Persahabatan Dengan Harga Diri Pada Siswa SMA Negeri 2 Sigli

Riski Nanda Putra, 180901068 (2023) Hubungan Kualitas Persahabatan Dengan Harga Diri Pada Siswa SMA Negeri 2 Sigli. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang kualitas persahabatan dengan harga diri] Text (Membahas tentang kualitas persahabatan dengan harga diri)
Riski Nanda Putra, 180901068, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Remaja merupakan individu yang mulai mengenal lingkungan sosial terutama hubungan persahabatan. Persahabatan pada remaja dapat meningkatkan harga diri yang positif. Harga diri merupakan hasil dari penilaian seseorang yang diungkapkan tentang dirinya sendiri, harga diri juga merupakan kebutuhan dasar manusia untuk terus berkembang normal dan sehat dalam menjalani kehidupan. Harga diri dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kualitas persahabatan, sehingga tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas persahabatan dengan harga diri pada siswa SMA Negeri 2 Sigli. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMA Negeri 2 Sigli dengan jumlah sampel sebanyak 161 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala kualitas persahabatan yang disusun berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Asher dan Parker (1993) dan skala harga diri berdasarkan aspek-aspek dari Coopersmith (1967). Hasil penelitian menunjukkan nilai r = 0,639 merupakan korelasi positif dan signifikansi p= 0,000 (p<0,05) bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas persahabatan dengan harga diri pada siswa SMA Negeri 2 Sigli. Artinya semakin tinggi kualitas persahabatan maka semakin tinggi harga diri, begitu pula sebaliknya semakin rendah kualitas persahabatan maka semakin rendah harga diri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Riski Nanda Putra
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:44
Last Modified: 09 Feb 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26594

Actions (login required)

View Item
View Item