Pengaruh Perkawinan Campuran Terhadap Ketahanan Keluarga Di Kota Sabang.

Risa Septiany, 170101007 (2023) Pengaruh Perkawinan Campuran Terhadap Ketahanan Keluarga Di Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Perkawinan Campuran Terhadap Ketahanan Keluarga Di Kota Sabang] Text (Pengaruh Perkawinan Campuran Terhadap Ketahanan Keluarga Di Kota Sabang)
Risa Septiany, 170101007, FSH, HK, 082276510346.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Perkawinan campuran adalah perkawinan antara dua orang yang di Indonesia tunduk pada hukum yang berlainan Karena perbedaan kewarganegaraan dan salah satu pihak berkewarganegaraan Indonesia.Peraturan perkawinan campuran disebutkan di dalam Undang-undang No 1 Tahun 1974.Perkawinan campuran bukan hal yang baru, namun kenyataan di dalam masyarakat, perkawinan campuran bertahan sampai berpuluh-puluh tahun padahal di dalam perkawinan campuran ada dua kebudayaan dan kebiasaan yang berbeda terlebih lagi dalam masyarakat Sabang para suami yang berasal dari luar Negeri.Oleh karena itu permasalahan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimana praktik perkawinan campuran di Kota Sabang, bagaimana pengaruh perkawinan campuran terhadap ketahanan keluarga, dan apa faktor yang mempengaruhi perkawinan campuran dalam mewujudkan ketahanan keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan metode pengumpulan data dari wawancara, angket dan dokumentasi dan penelitian ini bersifat analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini praktek perkawinan campuran yang dilakukan dimasyarakat Sabang Calon suami dan istri yang memiliki kewarganegaraan asing harus melengkapi dokumen atau surat-surat dari Negara asalnya yang menyatakan bahwa ia dapat kawin dengan warga Negara Indonesia. Untuk mengetahui dokumen atau surat-surat apa saja yang harus dipenuhi, calon suami atau istri dapat menghubungi Kedutaan Negara asal nya di Indonesia. Pengaruh Perkawinan Campuran Terhadap Ketahanan Keluarga diantaranya dari keagamaan, mampu berbahasa asing, kebersamaan, kebersihan terjaga, kedisplinan, kerja keras, diajarkan untuk selalu tepat waktu, adanya perpaduan kebudayaan yang baik.Faktor yang mempengaruhi perkawinan campuran dalam mewujudkan ketahanan keluarga meliputi menciptakan kehidupan beragama, mempunyai waktu bersama keluarga, mempunyai komunikasi yang baik antar anggota keluarga, saling menghargai antar sesama anggota keluarga,adanya hubungan atau ikatan yang erat antar anggota keluarga.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perkawinan Campuran, Ketahanan Keluarga, Pengaruh dan Faktor
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Risa Septiany Risa
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:10
Last Modified: 08 Feb 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26598

Actions (login required)

View Item
View Item