Identifikasi Keterlambatan Mahasiswa Dalam Penyelesaian Studi Pada Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry

Febria Nanda Zufriah, 180402025 (2023) Identifikasi Keterlambatan Mahasiswa Dalam Penyelesaian Studi Pada Prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Febria Nanda Zufriah, 180402025, FDK, BKI, 082275333020.pdf] Text
Febria Nanda Zufriah, 180402025, FDK, BKI, 082275333020.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Program Studi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh memiliki permasalahan dan faktor-faktor yang berbeda dalam proses penyelesaian studi. Idealnya, masa studi mahasiswa adalah empat tahun. Namun sebenarnya masih banyak ditemukan mahasiswa yang menyelesaikan studinya dalam jangka waktu yang lama. Ada pula yang menyelesaikan studinya dalam jangka waktu empat tahun bahkan bisa kurang dari empat tahun. Bagi mereka yang tergolong lama menyelesaikan studinya, banyak faktor yang menyebabkan demikian. Faktor-faktor tersebut sangat mempengaruhi mahasiswa dalam menyelesaikan studinya tepat waktu. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor keterlambatan penyelesian studi mahasiswa prodi Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan untuk mengetahui upaya mahasiswa dalam menghadapi keterlambatan penyelesaian studi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan pertimbangan dan ketentuan yang dipilih oleh peneliti sendiri. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif tetapi terlambat dalam penyelesian studi, alumni prodi Bimbingan dan Konseling Islam, angkatan 2015 dan 2016. Dari hasil penelitian ditemukan faktor keterlambatan penyelesaian studi mahasiswa prodi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari faktor akademik dan non akademik. Adapun yang termasuk Faktor Akademik yaitu: 1) Faktor Kurangnya Motivasi, 2) Faktor Persyaratan Sidang Skripsi Munaqasyah,dan 3) Faktor Penyelesaian Skripsi. Sedangkan faktor Non Akademik yaitu: 1) Faktor Keluarga, 2) Faktor Lingkungan, 3) Faktor Keuangan, 4) Faktor Kesehatan. Sedangkan upaya yang mereka lakukan adalah tetap belajar dengan sungguh-sungguh, selalu berusaha, dan selalu menjaga hubungannya dengan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Febria Nanda Zufriah
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:06
Last Modified: 08 Feb 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26599

Actions (login required)

View Item
View Item