Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas IX Di SMP Negeri 4 Pidie Jaya

Naufal Khalis, 170212090 (2022) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas IX Di SMP Negeri 4 Pidie Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas IX Di SMP Negeri 4 Pidie Jaya] Text (Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Tik Kelas IX Di SMP Negeri 4 Pidie Jaya)
Naufal Khalis, 170212090, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Seiring dengan berjalannya proses pembelajaran, akan ada siswa yang tidak tertarik dengan topik yang disampaikan oleh guru. Biasanya, guru hanya melakukan pemberian materi yang lama-kelamaan membuat siswa dalam proses belajar. Mengetahui peran digital media pembelajaran sangat penting dalam menunjang keberhasilan belajar siswa, maka pemahaman guru mengenai media pembelajaran juga diperlukan sebagai bagian integral dari pembelajaran itu sendiri. Pada penelitian ini peneliti akan menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi quizizz, penelitian ini di lakukan dengan tujuan guna mengetahui Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz terhadap minat belajar siswa pada pelajaran tik di kelas IX Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode penelitian deskriptif kuantitatif adalah penelitian yang berbentuk angka atau bilangan. Metode kuantitatif dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan.Hasil analisis uji thitung pada tabel diatas pada variabel independen yaitu X 7.418. Dalam penelitian ini nilai t-tabel yang diperoleh ialah 1.152. Apabila nilai sig. 0,05 atau 5% maka variabel tersebut dinyatakan efektif terhadap variabel dependen. Berdasarkan nilai t-hitung dan nilai ttabel yang telah disebutkan sebelumnya, maka dapat dinyatakan bahwa Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz(X) terhadap variabel minat belajar(Y) secara parsial diperoleh thitung (7.418) > ttabel (1.152), maka keputusannya Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Efektivitas penggunaan aplikasi quizizz berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan Ha “Adanya aplikasi quizizz berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada pelajaran TIK.” Dinyatakan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar > 372.3 Komputer, Sain, Teknologi, Kesehatan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Naufal Khalis
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:07
Last Modified: 08 Feb 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26600

Actions (login required)

View Item
View Item