Karakteristik Senyawa Pektin Dari Kulit Buah Pisang Kepok (Musa acuminata balbisiana) Dengan Variasi Konsentrasi Etanol

Eva Nantika, 180704027 (2022) Karakteristik Senyawa Pektin Dari Kulit Buah Pisang Kepok (Musa acuminata balbisiana) Dengan Variasi Konsentrasi Etanol. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Karakteristik Senyawa Pektin Dari Kulit Buah Pisang Kepok] Text (Karakteristik Senyawa Pektin Dari Kulit Buah Pisang Kepok)
Eva Nandita, 180704027, FST, KIM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara penghasil pisang terbesar se Asia. Salah satu jenis pisang yang menjadi makanan favorit diantaranya ialah pisang kepok, dan merupakan salah satu jenis pisang yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Pemanfaatnya sebagai bahan makanan maupun dikonsumsi secara langsung menghasilkan limbah kulit pisang yang cukup melimpah. Kulit pisang mengandung senyawa pektin yang cukup besar yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan penstabil dan bahan pengental. tujuan dari rumusan masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi etanol dan perbedaan waktu terhadap pengendapan pektin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode ekstraksi menggunakan pelarut HCl pada suhu 90°C selama 90 menit. Dilakukan pengendapan pektin menggunakan etanol dengan variasi konsentrasi 75%, 85% dan 95% dan variasi waktu pengendapan 18 jam, 20 jam dan 24 jam. Pektin yang diperoleh dilakukan pengujian seperti kadar air, kadar abu, berat ekivalen, kadar metoksil, kadar galakturonat, derajat esterifikasi dan analisis gugus fungsi pektin menggunakan Spektroskopi FTIR. Hasil pektin dari kulit buah pisang kepok yang terbaik diperoleh pada konsentrasi etanol 95% dengan waktu pengendapan 18 jam. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji karakteristik pektin yang dihasilkan telah memenuhi standar International Pectin Producers Association (IPPA) yang ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Eva Nantika
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:10
Last Modified: 08 Feb 2023 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26601

Actions (login required)

View Item
View Item