Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Java Berbasis Web Menggunakan Exe-Learning Untuk Anak Sekolah Menengah Pertama

Ichsanul Akbar, 180212101 (2023) Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Java Berbasis Web Menggunakan Exe-Learning Untuk Anak Sekolah Menengah Pertama. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Java Berbasis Web Menggunakan Exe-Learning Untuk Anak Sekolah Menengah Pertama] Text (Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Pemrograman Java Berbasis Web Menggunakan Exe-Learning Untuk Anak Sekolah Menengah Pertama)
Ichsanul Akbar, 180212101, FTK, PTI, 081366298728.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

SMP Negeri 18 Banda Aceh merupakan salah satu SMP di Banda Aceh yang mengadakan kembali pembelajaran TIK yang pernah di hapus pada tahun 2014, dengan nama mata pelajaran informatika. Pada kelas VIII di SMP Negeri 18 Banda Aceh proses belajar mengajar pada mata pelajaran informatika masih belum maksimal, karena belum mempelajari materi pengenalan algoritma dan bahasa pemrograman, serta guru yang mengampu mata pelajaran informatika untuk kelas VIII bukanlah guru dari lulusan yang berkaitan dengan ilmu informatika. Oleh sebab itu dilakukan penelitian untuk membahas tentang media pembelajaran bahasa pemrograman Java menggunakan Exe-Learning untuk kelas VIII di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang memuat materi pengenalan algoritma serta pengenalan bahasa pemrograman Java. Dalam penerapan media pembelajaran kepada siswa digunakan metode computer based learning dan metode untuk menghitung data menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa E-Modul Bahasa Pemrograman Java. Media pembelajaran ini telah diuji dan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan peserta didik, dengan hasil ahli media memvalidasi media pembelajaran ini dengan persentase 90% dan ahli materi dengan nilai persentase 95,38%, menandakan bahwa media ini sudah sangat layak untuk digunakan. Pengujian media yang dilakukan terhadap 104 peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Banda Aceh pada mata pelajaran informatika menghasilkan nilai persentase 85,72%, menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat menarik dan memudahkan pembelajaran peserta didik dan guru untuk mengenalkan materi algoritma dan bahasa pemrograman Java.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Ichsanul Akbar
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:16
Last Modified: 09 Feb 2023 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26603

Actions (login required)

View Item
View Item