Penerapan Peer Group Counseling Untuk Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Peserta Didik Di Mtsn 2 Aceh Besar

Ravena, 180213017 (2023) Penerapan Peer Group Counseling Untuk Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Peserta Didik Di Mtsn 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Peer Group Counseling Untuk Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Peserta Didik Di MTsN 2  Aceh Besar] Text (Penerapan Peer Group Counseling Untuk Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Peserta Didik Di MTsN 2 Aceh Besar)
Ravena, 180213017, FTK, BK, 082277606089.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan proses pengiriman pesan yang dilakukan dua orang atau sekelompok kecil orang dengan memiliki beberapa dampak dan umpan balik yang seketika. Apabila peserta didik kurang memiliki komunikasi interpersonal yang baik maka akan mengakibatkan konflik interpersonal, kesalah pahaman dan miss comunication yang dapat menggangu interaksi sosial dengan peserta didik lainnya di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masalah yang menunjukkan terdapat pada siswa yang teridentifikasi rendah dalam komunikasi antar Pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan peer group counseling dapat meningkatkan komunikasi antar pribadi peserta didik siswa di MTsN 2 Aceh Besar yang sebelumnya di ukur kemampuan komunikasi antar pribadi nya menggunakan skala Guttman. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Dengan teknik pengumpulan data yaitu angket terdapat 6 peserta didik yang kurang memiliki komunikasi antar pribadi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukkan peer group counseling dapat meningkatkan komunikasi antar pribadi peserta didik dan terdapat pengaruh yang signifikan skor rata-rata saat Pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Ravena Ravena
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:17
Last Modified: 08 Feb 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26606

Actions (login required)

View Item
View Item