Efektivitas Visio Pada Mata Pelajaran Instalasi Listrik Guna Melihat Minat Belajar Siswa Kelas Xi Tiptl Di SMKN 2 Banda Aceh.

Bima Agus Saputra, 170211059 (2023) Efektivitas Visio Pada Mata Pelajaran Instalasi Listrik Guna Melihat Minat Belajar Siswa Kelas Xi Tiptl Di SMKN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Visio Pada Mata Pelajaran Instalasi Listrik Guna Melihat Minat Belajar Siswa Kelas Xi Tiptl Di SMKN 2 Banda Aceh] Text (Efektivitas Visio Pada Mata Pelajaran Instalasi Listrik Guna Melihat Minat Belajar Siswa Kelas Xi Tiptl Di SMKN 2 Banda Aceh)
Bima Agus Saputra, 170211059, FTK, PTE, 082255128450.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan yang mencakup proses pembelajaran termasuk dimensi pengetahuan dan keterampilan. Seperti yang kita ketahui proses pembelajaran semakin maju dan terus berkembang di mana era digitalisasi sudah merambat ke dunia pendidikan. Namun di SMKN 2 Banda Aceh proses pembelajaran khususnya instalasi listrik masih secara manual menggunakan (kertas A4), yang dimana proses menggambar dengan cara ini tergolong rumit dan banyak memakan waktu. Maka, untuk mempermudah dan meningkatkan minat belajar siswa perlu dilakukan pembaharuan media belajar salah satunya dengan menggunakan aplikasi Visio. Visio adalah sebuah program aplikasi komputer yang sering digunakan untuk membuat diagram, diagram alir (flowchart), brainstorm, dan skema jaringan yang dirilis oleh Microsoft Corporation. Aplikasi ini menggunakan grafik vektor untuk membuat diagramnya. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian untuk melihat keefektifan Visio bertujuan guna melihat Minat Belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif menggunakan teknik analisis data yaitu pre-test dan post-test, uji regresi dan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes tulis dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada minat belajar siswa setelah diterapkannya penggunaan Visio. Hal ini dapat dilihat pada uji hipotesis menggunakan uji t (t-test) yaitu 0,006 < 0,05 dengan demikian Ho ditolak Ha diterima. Pada hasil pengolahan data setelah diterapkannya penggunaan Visio terdapat peningkatan tingkat keefektifan dan minat belajar dengan nilai rata-rata pre-test yaitu 57,2 dan rata-rata nilai post-test yaitu 76. Sedangkan respon siswa yaitu terhadap aspek efektivitas 76% dan pada minat belajar 75%. Terdapat pengaruh yang positif antara penggunaan Visio terhadap minat belajar siswa sebesar 38,6 %, sedangkan 62,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Visio dalam mata pelajaran Instalasi Listrik tergolong efektif dan meningkatkan minat belajar siswa Kelas XI TIPTL SMKN 2 Banda Aceh setelah diterapkannya aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Bima Agus Saputra
Date Deposited: 08 Feb 2023 03:16
Last Modified: 08 Feb 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26608

Actions (login required)

View Item
View Item