Perbedaan Achievement Goal Orientation Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa SMP 15 Banda Aceh

Raudhatul Utari, 160901012 (2022) Perbedaan Achievement Goal Orientation Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa SMP 15 Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbedaan Achievement Goal Orientation] Text (Perbedaan Achievement Goal Orientation)
Raudhatul Utari, 160901012, FPSI, PSI, 085270424428.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Siswa sering merasa terbebani ketika hendak belajar di sekolah atau mengerjakan pekerjaan rumah. Permasalahan yang banyak ditemukan bahwa siswa yang belajar di sekolah dikarenakan keinginan orang tua, ingin terus bersaing dengan teman sepermainannya, atau ingin supaya bisa semakin dekat dengan seseorang yang disukainya. Tidak jarang juga ditemukan siswa yang selalu ingin menunjukkan kemampuannya, selalu ingin mendapatkan prestasi yang baik dan tak mau kalah dengan siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan achievement goal orientation ditinjau dari jenis kelamin pada siswa SMP 15 Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode komparasi dengan teknik pengambilan sampel proportioned stratified random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala achievement goal orientation berdasarkan teori Ames (1992). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 198 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 132 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t-test = 0, 476 dengan nilai ρ = 0, 635 (ρ > 0,05), yang artinya tidak terdapat perbedaan achievement goal orientation ditinjau dari jenis kelamin sehingga hasil penelitian dinyatakan menolak hipotesis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Raudhatul Utari Tari
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:27
Last Modified: 09 Feb 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26609

Actions (login required)

View Item
View Item