Karakterisasi dan Uji Sensitivitas Antibiotik terhadap Bakteri pada Daging Ayam Broiler (Gallus-gallus domesticus) dari Kandang Open House System Desa Saree Aceh

Maisarah, 180703083 (2022) Karakterisasi dan Uji Sensitivitas Antibiotik terhadap Bakteri pada Daging Ayam Broiler (Gallus-gallus domesticus) dari Kandang Open House System Desa Saree Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Karakterisasi dan Uji Sensitivitas Antibiotik terhadap  Bakteri pada Daging Ayam Broiler (Gallus-gallus   domesticus) dari Kandang Open House System Desa  Saree Aceh] Text (Karakterisasi dan Uji Sensitivitas Antibiotik terhadap Bakteri pada Daging Ayam Broiler (Gallus-gallus domesticus) dari Kandang Open House System Desa Saree Aceh)
Maisarah, 180703083, FST, BIO .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Ayam broiler adalah hasil persilangan beberapa ayam unggul dengan beberapa daerah yang berbeda. Ayam broiler adalah ayam yang memiliki produktivitas tinggi dengan ciri mutu genetik yang tinggi sebagai penghasil daging. Desa Saree Aceh dalam proses beternak ayam broiler menggunakan sistem manajemen kandang close house dan open house. Open house system adalah kandang sistem terbuka yang dapat menimbulkan kondisi cuaca tidak baik, kelembaban dan temperatur kandang yang tidak mendukung dapat mengakibatkan tingginya kematian pada ayam broiler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana karakteristik bakteri pada daging ayam broiler di kandang open house system Desa Saree Aceh dan untuk mengetahui gambaran sensitivitas bakteri pada daging ayam broiler terhadap antibiotik gentamicin dan amoxicillin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel secara purpose sampling dan dilanjutkan uji sensitivitas antibiotik dengan menggunakan metode Kirby Bauer. Hasil penelitian didapatkan 22 isolat bakteri daging ayam broiler yang terdiri dari 4 genus yaitu genus Bacillus sp., Staphylococcus sp., Streptococcus sp. dan Hafnia sp. yang memiliki karakteristik terdiri dari bentuk, ukuran, warna, tepian dan elevasi yang beragam. Hasil uji sensitivitas antibiotik gentamicin pada kandang Abi sensitif 12,5%, intermedit sebesar 25% dan resisten 62,5%. Kandang Mysol sensitif sebesar 16,7% dan resisten 83,4% dan kandang Susan sensitif sebesar 50%, intermedit 12,5% serta resisten 37,5%. Sedangkan antibiotik amoxicillin pada kandang Abi dan Mysol resisten sebesar 100% dan kandang Susan sensitif sebesar 12,5% serta resisten sebesar 87,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat) > 579 Mikro Organisme, Fungi, Algae(alga Ganggang)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Biologi
Depositing User: Maisarah Maisarah
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:09
Last Modified: 13 Feb 2023 02:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26610

Actions (login required)

View Item
View Item