Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya

Tria Ningsih, 160901059 (2022) Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan  Konformitas Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja] Text (Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja)
Tria Ningsih, 160901059, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Konformitas merupakan tindakan secara sukarela yang dilakukan siswa, karena orang lain juga melakukannya. Kenakalan remaja ialah tindak perbuatan sebagian para remaja yang bertentangan dengan hukum, agama dan norma-norma masyarakat, sehingga akibatnya dapat merugikan orang lain, mengganggu ketentraman umum dan juga merusak dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode uji korelasi dengan uji product moment. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu skala Konformitas dan skala Kenakalan Remaja. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 91 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik simple total sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r = -0,069 dengan p = 0,516 yang menandakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Konformitas Teman Sebaya dengan Kenakalan Remaja pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya, artinya semakin tinggi Konformitas teman sebaya maka semakin tinggi kenakalan remaja, sebaliknya semakin rendah konformitas teman sebaya maka semakin rendah Kenakalan Remaja pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Tangan-Tangan Kabupaten Aceh Barat Daya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Tria Ningsih Ning
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:40
Last Modified: 09 Feb 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26611

Actions (login required)

View Item
View Item