Problematika Siswa Dalam Maharah Qira’ah Di Madrasah Ibtidaiyah 3 Kota Banda Aceh

Maya Rosadi, 180202010 (2023) Problematika Siswa Dalam Maharah Qira’ah Di Madrasah Ibtidaiyah 3 Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Problematika Siswa Dalam Maharah Qira’ah Di Madrasah Ibtidaiyah 3 Kota Banda Aceh] Text (Problematika Siswa Dalam Maharah Qira’ah Di Madrasah Ibtidaiyah 3 Kota Banda Aceh)
Maya Rosady, 180202010, FTK, PBA, 085213249689.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika siswa dalam belajar maharah Qira’ah، faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam maharh qira’ah dan usaha apa yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi problematika siswa dalam belajar maharah qira’ah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah 3 Kota Banda Aceh dan Guru Bahasa Arab kelas VI Madrasah Ibtidaiyah 3 Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi، wawancara، dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan pelafalan bunyi huruf berdasarkan makharaj huruf oleh siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah terletak pada makhraj huruf rongga mulut yaitu pada bunyi vokal panjang، kerongkongan yaitu pada bunyi huruf “ha” yaitu huruf pertengah kerongkongan dan lidah terletak pada bunyi huruf “tsa” yaitu bunyi yang keluar dari ujung lidah menepati ujung dua gigi segi seri atas dan bawah، bunyi huruf “sya” yaitu bunyi yang keluar dari tengah lidah، bunyi huruf “dzal” yaitu bunyi yang keluar dari ujung lidah menepati ujung dua gigi seri atas dan bawah، bunyi huruf “za” yaitu bunyi yang keluar dari ujung lidah yang bergesekan dengan ujung langit-langit mulut bagian tengah، dan bunyi huruff “dla” yaitu bunyi yang keluar dari sisi / tepi lidah mengarah ke gigi depan. Faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar maharah qira’ah yaitu faktor internal (yang berasal dari dalam diri siswa)، dan faktor Eksternal (yang berasal dari luar diri siswa). salah satu upaya membantu meningkatkan kualitas membaca siswa dengan cara melatih dan membiasakan siswa membaca sebanyak dan sesering mungkin dalam berbagai kesempatan baik dalam bentuk program sekolah maupun program guru mata pelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Maya Rosadi
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:27
Last Modified: 09 Feb 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26613

Actions (login required)

View Item
View Item