Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK pada Tema 4 Subtema 1 di Kelas V MIN 4 Aceh Selatan

Delvina Amelia, 180209043 (2022) Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK pada Tema 4 Subtema 1 di Kelas V MIN 4 Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK pada Tema 4 Subtema 1 di Kelas V MIN 4 Aceh Selatan] Text (Pengembangan E-Modul Berbasis TPACK pada Tema 4 Subtema 1 di Kelas V MIN 4 Aceh Selatan)
Delvina Amelia, 180209043, FTK, PGMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran di kelas V MIN 4 Aceh Selatan bahan ajar yang digunakan hanya terfokus pada buku tema serta kurang memanfaatkan teknologi. Untuk memperbaiki kondisi tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu mengembangkan bahan ajar berupa E-modul berbasis TPACK agar peserta didik tidak jenuh saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan E-Modul berbasis TPACK pada Tema 4 Subtema 1 di kelas V dan (2) menganalisis kelayakan E-Modul berbasis TPACK pada Tema 4 Subtema 1 di kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D), dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dessimination (Penyebaran). Bahan ajar yang dikembangkan divalidasi oleh 3 ahli materi, 3 ahli media, serta 3 ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-modul berbasis TPACK sudah memenuhi kategori sangat layak dengan persentase 88,33% berdasarkan penilaian validasi oleh ahli materi. Hasil penilaian validasi dari ahli media dengan persentase 93,73% dengan kategori sangat layak, serta penilaian dari ahli bahasa dengan persentase 86,25% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-modul berbasis TPACK layak digunakan untuk peserta didik kelas V MIN 4 Aceh Selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Delvina Amelia Vina
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:14
Last Modified: 09 Feb 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26616

Actions (login required)

View Item
View Item