Penerapan Model Pembelajaran Take And Gives Dengan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar

Marlita, 150209119 (2023) Penerapan Model Pembelajaran Take And Gives Dengan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Take And Gives Dengan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar] Text (Penerapan Model Pembelajaran Take And Gives Dengan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV MIN 26 Aceh Besar)
Marlita, 150209119, FTK, PGMI, 082165850316.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dari hasil observasi penelitian pada sekolah MIN 26 Aceh Besar di Kelas IV-A ditemukan hasil belajar yang rendah khusunya pada pembelajaran IPS. Terdapat siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM yaitu 70. Hal ini disebabkan oleh proses belajar mengajar yang berlangsung satu arah. Sehingga proses pembelajaran terkesan kurang menarik bagi siswa. Dengan demikian, maka tujuan akhir dari proses pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk melakukan upaya dengan menerapkan model Take and Give dengan media gambar sebagai salah satu alternatif untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model Take and Give dengan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar kelas IV MIN 26 Aceh Besar. (2) untuk mengetahui aktivitas siswa pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model Take and Give dengan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar kelas IV MIN 26 Aceh Besar. (3) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menerapkan model Take and Give dengan media gambar di kelas IV MIN 26 Aceh Besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas guru pada siklus I dalam mengelola pembelajaran dalam kategori baik dengan persentase
77%. Pada siklus II aktivitas guru dalam mengelola proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dengan kategori baik sekali dengan persentase 93%. 2) aktivitas siswa pada siklus I dalam mengikuti pembelajaran dalam kategori baik dengan persentase 70%. Pada siklus II aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan dengan kategori baik sekali dengan persentase 88%. (3) Hasil tes pada siklus I nilai rata-rata diperoleh sebanyak 70% dengan jumlah
12 orang siswa yang tuntas dan 5 orang siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata sudah mengalami peningkatan menjadi 88% dengan jumlah 15 orang siswa yang tuntas dan 2 orang siswa yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal dalam kategori tuntas dengan persentase nilai 85%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Take and Give dengan media gambar pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV MIN 26 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marlita Marlita
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:29
Last Modified: 09 Feb 2023 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26617

Actions (login required)

View Item
View Item