Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya dengan Perilaku Prososial pada Anak Panti Asuhan SOS Children Village Meulaboh Kabupaten Aceh Barat

Lenny Larisa, 160901033 (2022) Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya dengan Perilaku Prososial pada Anak Panti Asuhan SOS Children Village Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Anak Panti Asuhan SOS Children Village] Text (Anak Panti Asuhan SOS Children Village)
Lenny Larisa, 160901033, FPSI, PSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan teman sebaya dengan perilaku prososial pada anak panti asuhan SOS children village Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Dimana peneliti melihat adanya fenomena yang terjadi di lingkungan panti asuhan SOS children Village Meulaboh Aceh Barat berupa perilaku yang prososial kepada sesama penghuni panti asuhan yang terlihat dari sikap saling peduli, tolong monolong dan perilaku prososial lainnya serta apa yang mempengaruhi terjadinya perilaku tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 orang anak panti asuhan SOS children village Aceh Barat meulaboh. Pengumpulan data menggunakan skala dukungan teman sebaya teori Myers (2016) dan skala perilaku prososial menggunakan teori Coniglio, Hancock & Ellis (2012) dengan model skala likert. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi menggunakan metode statistik pearson correlation product moment dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi r=0,668 dengan p=0,000 artinya terdapat hubungan antara dukungan teman sebaya dengan perilaku prososial pada anak panti asuhan SOS children village Meulaboh Kabupaten Aceh Barat. Hubungan tersebut menunjukkan semakin tinggi dukungan teman sebaya maka semakin tinggi juga perilaku prososial pada anak panti asuhan, sebaliknya semakin rendah dukungan teman sebaya maka semakin rendah juga perilaku prososial pada anak panti asuhan SOS children village Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Lenny Larisa Lenny
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:26
Last Modified: 09 Feb 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26619

Actions (login required)

View Item
View Item