Gambaran Konsep Diri (Self-Concept) Dan Religiusitas Pada Santriwati SMKS Pondok Pesantren Dayah Ulumuddin Di Kota Lhokseumawe.

Nurrohmah, 180402011 (2023) Gambaran Konsep Diri (Self-Concept) Dan Religiusitas Pada Santriwati SMKS Pondok Pesantren Dayah Ulumuddin Di Kota Lhokseumawe. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Gambaran Konsep Diri (Self-Concept) Dan Religiusitas Pada Santriwati SMKS Pondok Pesantren Dayah Ulumuddin Di Kota Lhokseumawe] Text (Gambaran Konsep Diri (Self-Concept) Dan Religiusitas Pada Santriwati SMKS Pondok Pesantren Dayah Ulumuddin Di Kota Lhokseumawe)
Nurrohmah, 180402011, FDK, BKI, 081370421913.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa pencarian atau perjumpaan identitas dan pengembangan diri. Konsep diri (self-concept) merupakan sekumpulan keyakinan dan perasaan mengenai dirinya yang berkaitan dengan bakat, minat, kemampuan, penampilan fisik dan lainnya. Adapun religiusitas merupakan seberapa jauh sebuah pengetahuan, pelaksanaan, keyakinan dan penghayatan atas agama islam. Pondok Pesantren Dayah Ulumuddin merupakan sebuah lembaga pendidikan islam yang menganut sistem Boarding dan dipadukan sistem pendidikan kementerian agama dan nasional yang memiliki madrasah tingkatan MTsS, MAS dan SMKS, Pada santri SMKS terdapat beberapa santri yang dahulu memiliki kehidupan tanpa berbasic pondok pesantren. Berkaitan dengan konsep diri (self-concept) dan religiusitas akan adanya perubahan pada diri para santriwati SMKS pondok pesantren Dayah Ulumuddin maka fokus penelitian ini: Gambaran Konsep diri (self-concept) dan Religiusitas pada santriwati SMKS pondok pesantren Dayah Ulumuddin kota Lhokseumawe. Dengan tujuan penelitian adalah mengetahui gambaran konsep diri (self-concept) dan religiusitas pada santri serta mengetahui faktor yang mempengaruhi perubahan pada santriwati pondok pesantren Dayah ulumuddin sehingga dapat membantu para orang tua dalam memberi lingkungan terbaik pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan dan kriteria tertentu yang dipilih oleh peneliti sehingga 10 santriwati menjadi subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi serta menganalisis data dengan reduksi data, data display, dan conclusion drawing and verification. Berdasarkan hasil penelitian bahwa: (1) Gambaran Konsep diri (self-concept) pada santriwati SMKS pondok pesantren dayah Ulumuddin kota Lhokseumawe, para santriwati SMKS di pondok pesantren Dayah Ulumuddin memiliki konsep diri (self-concept) positif, namun pada subjek ZN, AH dan TN memiliki konsep diri (self-concept) negatif. (2) Gambaran religiusitas Para santriwati SMKS pondok pesantren Dayah dikategorikan Ulumuddin dapat memahami, mendalami serta mengaplikasikan ilmu agama yang mereka dapat dengan baik sehingga para santri berada pada tingkatan komitmen (3)terdapat faktor eksternal (pertemanan dan pembelajaran) dan internal (minat dan motivasi) dalam perubahan terhadap konsep diri (self-concept) dan religiusitas pada santri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri (self-concept), Religiusitas,
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurrohmah Nur
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:43
Last Modified: 09 Feb 2023 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26622

Actions (login required)

View Item
View Item