Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) di Pegadaian Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Unit Kota Beureunuen

Rosdiana, 180603009 (2022) Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) di Pegadaian Syariah (Studi Pada Pegadaian Syariah Unit Kota Beureunuen. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) di Pegadaian Syariah] Text (Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) di Pegadaian Syariah)
Rosdiana, 180603009, FEBI, PS, 082317129910.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Strategi Pemasaran merupakan serangkaian rancangan besar yang mengambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran produk gadai emas (rahn) yang menggunakan prinsip 7P serta kendala dan upaya yang dilakukan dalam pemasaran produk gadai emas (rahn) di Pegadaian Syariah Unit Kota Beureunuen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian data (field research) yaitu penelitian lapangan yang merupakan penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dilapangan untuk melakukan pengamatan terhadap suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pegadaian Syariah Unit Kota beureunuen adalah dengan menggunakan 7P (product, price, place, promotion people, process dan physical evidence). Dimana dari strategi product , price, place, people dan process sudah baik. Sedangkan untuk strategi promotion masih kurang sehingga informasi mengenai produk gadai emas ini (rahn) ini tidak tersampaikan secara rata. Dan untuk strategi physical evidence fasiltas bangunan tidak terlalu besar. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya karyawan (SDM) dalam mempromosikan produk gadai emas (rahn) dan adanya pesaing. Sedangkan untuk upaya yang dilakukan yaitu melakukan promosi menggunakan media sosial dan memberikan pelayanan lebih baik lagi kepada nasabah. namun strategi yang telah diterapkan sudah baik, hal ini terbukti dari jumlah nasabah yang semakin meningkat setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Rosdiana Diana
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:26
Last Modified: 09 Feb 2023 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26631

Actions (login required)

View Item
View Item