Pengaruh Bonus Demografi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Kajian dalam Perspektif Ekonomi Syariah

Wahyuni Aritonang, 180602136 (2022) Pengaruh Bonus Demografi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Kajian dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Bonus Demografi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Kajian dalam Perspektif Ekonomi Syariah] Text (Pengaruh Bonus Demografi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia Kajian dalam Perspektif Ekonomi Syariah)
Wahyuni Aritonang, 180602136, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh pengetahuan dan menganalisis mengenai pengaruh bonus demografi dan indeks pembangunan manusia terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder yang di peroleh melalui Badan Pusat Statistik (BPS). Menggunakan regresi panel dari 29 provinsi yang ada di Indonesia selama kurun waktu 11 tahun (2011-2021), model analisis data yang digunakan adalah regresi panel metode fixed effect (crossection weights). Hasil penelitian menemukan bahwa bonus demografi tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Bonus demografi diasumsikan dapat mendorong perekonomian nasional melalui pertumbuhan tenaga kerja produktif, namun hal tersebut ternyarta belum terealisasikan dengan baik karena kebijakan pemerintah yang masih belum optimal dalam menghadapi bonus demografi yang akan datang. Sebaliknya, indeks pembangunan manusia berepengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Pemerataan komponen dasar kualitas hidup dalam bidang kesehatan, pendidikan, dan kehidupan layak memiliki dampak pada pertumbuhan ekonomi dan telah memenuhi standar ekonomi syariah yang bertujuan kepada kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Wahyuni Aritonang Wahyuni
Date Deposited: 09 Feb 2023 02:40
Last Modified: 09 Feb 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26633

Actions (login required)

View Item
View Item