Pemahaman Masyarakat terhadap Qurrata A’yun di Gampong Seuneubok Kuyuen Kabupaten Aceh Timur

Monalianda, 190303013 (2022) Pemahaman Masyarakat terhadap Qurrata A’yun di Gampong Seuneubok Kuyuen Kabupaten Aceh Timur. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemahaman Masyarakat terhadap Qurrata A’yun] Text (Pemahaman Masyarakat terhadap Qurrata A’yun)
Monalianda, 190303013, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Realita yang terjadi di masyarakat Seuneubok Kuyuen banyak ditemukan kenakalan anak remaja. Hal ini karena perbedaan pemikiran dan perilaku dari setiap pribadi anak. Di sisi lain, Alquran telah menjelaskan bahwa anak sebagai Qurrata a’yun atau penyejuk hati bagi kedua orang tua walaupun dalam usahanya anak sendiri belum mampu mewujudkan dirinya sebagai Qurrata A’yun. Padahal pihak Gampong dan masyarakat telah memberikan bentuk-bentuk usaha yang semaksimal mungkin untuk membentuk anak yang Qurrata A’yun. Berdasarkan permasalahan tersebut yang menjadi tujuan dari penulisan skripsi ini adalah sejauh mana pemahaman dan Usaha masyarakat dalam mewujudkan anak sebagai Qurrata A’yun di Gampong Seuneubok Kuyuen.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian di analisis secara deskripstif.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa pemahaman masyarakat Seuneubok Kuyuen terbagi dua kelompok ada yang memahaminya dan ada yang kurang memahaminya. Sedangkan Usaha masyarakat dalam mewujudkan anak yang Qurrata A’yun di Gampong Seuneubok Kuyuen sebagian kecil anak yang mampu mewujudkan dirinya sebagai Qurrata A’yun. Dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis hal ini disebabkan oleh keinginan setiap pribadi anak dan pilihan lingkungan pergaulan, sedangkan untuk metode-metode yang ditawarkan oleh pihak Gampong maupun orang tua sebagian besar sudah maksimal untuk membentuk anak yang Qurrata A’yun. sebagaimana jenis usahanya ialah dengan menumbuhkan sikap saling peduli, mengadakan kegiatan positif, dan mengadakan pengajian rutin oleh pihak Gampong baik berupa pengajaran Alquran maupun akhlak seorang muslim dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.3 Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Monalianda Mona
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:03
Last Modified: 09 Feb 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26655

Actions (login required)

View Item
View Item