Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV SDN 7 Cot Girek Aceh Utara

Devita Nauli, 180209046 (2023) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV SDN 7 Cot Girek Aceh Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV SDN 7 Cot Girek Aceh Utara] Text (Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV SDN 7 Cot Girek Aceh Utara)
Devita Nauli, 180209046, FTK, PGMI, 082272382450.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kondisi pembelajaran IPS saat ini adalah pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered), textbook centered, dan monomedia. Sebagian besar guru menggunakan model pembelajaran monoton dan belum bervariatif. Akan tetapi penerapan model pembelajaran tersebut bukan tidak tepat digunakan. Tetapi dalam penerapanya belum terdapat pengaruh yang signifikan untuk mencapai hasil belajar yang lebih maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Cot Girek, Aceh Utara dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas IV SDN 7 Cot Girek, Aceh Utara. Rancangan penulisan bersifat pre-experimental design dengan desain penelitian One Group Pretest and Posttest Design. Teknik Pengumpulan data menggunakan Pretest and Posttest. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar, data tersebut akan dihitung menggunakan rumus. Adapun nilai yang diperoleh memperlihatkan aktivitas guru yaitu 96,84%. Analisis data hasil belajar siswa pre-test dan post-test dalam penulisan ini menggunakan uji-t dengan kriteria pengambilan yaitu signifikan > 0,05 maka H0 ditolak dan jika signifikan < 0,05 maka H0 diterima. Hasil analisis di peroleh nilai signifikan (sig. 2 tailed) sebesar 0,000 atau 0. Karena 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 7 Cot Girek, Aceh Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Devita Nauli
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:02
Last Modified: 09 Feb 2023 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26656

Actions (login required)

View Item
View Item