Peran Perangkat Adat Gampong Sebagai Mediator Dalam Mengatasi Perselisihan Suami Istri Di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya

Anzila Aftitah, 180305108 (2022) Peran Perangkat Adat Gampong Sebagai Mediator Dalam Mengatasi Perselisihan Suami Istri Di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Perangkat Adat Gampong Sebagai Mediator Dalam Mengatasi Perselisihan Suami Istri Di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya] Text (Peran Perangkat Adat Gampong Sebagai Mediator Dalam Mengatasi Perselisihan Suami Istri Di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya)
Anzila Aftitah, 180305108, FUF, SA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Sepanjang 3 tahun terakhir di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya banyak terjadi konflik rumah tangga yang mengakibatkan terjadinya percerain. Data di lapangan diperoleh dari tiga tahun terakhir 3 gampong di Kecamatan Susoh ( 2020-2022) terdapat 36 kasus perselisihan di antaranya disebabkan oleh pihak ketiga, KDRT (kekerasan dalam rumah tangga), dan faktor dari sosial media Peran perangkat adat gampong dalam memediasi kasus perselisihan rumah tangga sangat diperlukan karena mengingat mediasi merupakan salah satu jalur yang di anggap paling mudah dalam menangani kasus perceraaian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat adat gampong belum mengetahui tentang fungsi dan tugas yang ada di dalam Qanun Aceh, langkah yang dilakukan oleh perangkat adat gampong dalam membantu suami istri yang berselisih mampu membuat rujuk kembali atau berdamai, perangkat adat gampong berperan dalam membantu menyelesaikan perselisihan suami istri untuk meminimalisir angka percerain dan membantu pasangan suami istri yang berkonflik bisa berdamai kembali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 206 Tokoh dan Organisasi
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Anzila Aftitah Anzila
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:26
Last Modified: 09 Feb 2023 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26667

Actions (login required)

View Item
View Item