Penerapan Teknik Brain Gym Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Di SMPN 17 Banda Aceh

Riva Febriana, 180213044 (2023) Penerapan Teknik Brain Gym Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Di SMPN 17 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Teknik Brain Gym Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Di SMPN 17 Banda Aceh] Text (Penerapan Teknik Brain Gym Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa Di SMPN 17 Banda Aceh)
Riva Febriana, 180213044, FTK, BK, 082376284305.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya konsentrasi merupakan suatu kondisi yang dapat mempengaruhi pembelajaran. Namun yang terjadi di SMPN 17 Banda Aceh masih banyak ditemukan siswa yang mengalami rendahnya konsentrasi dalam belajar seperti tidak fokus pada pembelajaran, tidak memperhatikan guru, mengganggu teman, malas mengerjakan tugas, tidak adanya sambutan psikomotorik, melamun. Semua itu terjadi saat belajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsentrasi siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik brain gym, sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik brain gym. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pre eksperimen yang berbentuk One Grup Pre-Test Post-Test Design. Populasi berjumlah 32 siswa dan sampel penelitian 8 siswa yang dipilih melalui teknik Purposive Sampling dengan mengkategorikan siswa yang tingkat konsentrasinya rendah. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner (angket) untuk mengukur konsentrasi siswa, setelah memperoleh data, data dianalisis dengan menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS versi 26. Dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik brain gym dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsentrasi siswa di SMPN 17 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Riva Febriana
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:21
Last Modified: 10 Feb 2023 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26668

Actions (login required)

View Item
View Item