Penerapan Metode Mubasyarah Dengan Menggunakan Film Fawwaz Wa Noura” Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara

Nuzulul Rachmah, 180202108 (2023) Penerapan Metode Mubasyarah Dengan Menggunakan Film Fawwaz Wa Noura” Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Mubasyarah Dengan Menggunakan Film Fawwaz Wa Noura” Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara] Text (Penerapan Metode Mubasyarah Dengan Menggunakan Film Fawwaz Wa Noura” Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Keterampilan Berbicara)
Nuzulul Rachmah, 180202108, FTK, PBA, 082341256857.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa siswi kelas 1 MAS Darul Ihsan tidak mampu berbicara bahasa arab dengan baik ketika guru menginstruksikan siswa untuk mempraktekkan bahasa Arab di depan kelas, dan juga karena kurangnya penguasaan dan pengetahuan kosa kata sehingga mereka berbicara menggunakan bahasa indonesia akan tetapi terdengar seperi bahasa arab seperti kata “وو” yang artinya dandan atau berhias. Guru masih menggunakan metode pembelajaran tradisional yang menyebabkan kurangnya motivasi dan minat siswi dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti ingin menerapkan metode langsung untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan film “Fawwaz dan Noura”. Adapun tujuan penelititan ini adalah untuk mengetahui keefektifan Metode Langsung dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan film “Fawwaz dan Noura”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain (one group pre-test, post-test). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas 1 MAS Darul Ihsan yang berjumlah 128 orang dan kelas 1H yang berjumlah 29 orang sebagai sampel penelitian. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan lembar observasi langsung dan tes sebelum dan setelah melakukan eksperimen. Adapun hasil dari pre-test dan post-test memperoleh tingkat Signifikansi (2-tailed) .000 < 0,05 setelah uji T menggunakan program “SPSS 26”. Ini menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini membuktikan bahwa penerapan metode langsung dengan menggunakan film “Fawwaz dan Noura” efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nuzulul Rachmah
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:32
Last Modified: 10 Feb 2023 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26682

Actions (login required)

View Item
View Item