Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Film Animasi Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIN 2 Aceh Selatan

Putri Azzahra, 180209045 (2023) Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Film Animasi Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIN 2 Aceh Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Film Animasi Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIN 2 Aceh Selatan] Text (Pengaruh Metode Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Film Animasi Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MIN 2 Aceh Selatan)
Putri Azzahra, 180209045, FTK, PGMI, 082277889226.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang digunakan guru dalam menyampaikan materi sangat mempengaruhi pada hasil belajar siswa. Ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun metode yang dilakukan secara berulang-ulang membuat siswa cepat merasa bosan dan jenuh saat belajar. Apalagi pada pembelajaran IPS yang banyak sekali siswa tidak tertarik pada pembelajaran ini. Oleh karena itu guru harus bisa mengelola kelas dengan baik dan membuat proses mengajar menjadi efektif, kreatif dan menyenangkan. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa agar tercapai adalah dengan menggunakan metode team quiz dengan metode pembelajaran ini dapat melatih siswa belajar berkelompok agar siswa lebih aktif dalam mengeluarkan sebuah pendapat, dalam metode ini siswa dituntut untuk bisa bertanya dan menjawab pertanyaan dari kelompok lain dengan bahan materi yang telah dipelajari terlebih dahulu. Dengan diterapkan metode ini hasil belajar siswa bisa lebih baik dan meningkat dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode team quiz terhadap hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini bersifat Pra-Ekspermental dengan Design tipe One Group Pre-test and Post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MIN 2 Aceh Selatan, dan sampelnya siswa kelas V MIN 2 Aceh Selatan sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu dengan lembar observasi guru dan tes hasil belajar, data tersebut dihitung menggunakan rumus. Adapun nilai yang diperoleh nilai memperlihatkan aktivitas guru yaitu 88,16%. Analisis data tes hasil belajar siswa dalam penelitian ini menggunakan rumus Uji-t dengan kriteria pengambilannya adalah jika nilai signifikan < 0,05 maka Ho ditolak dan jika nilai signifikan > 0,05 maka Ho diterima. Hasil analisis data diperoleh nilai signifikan (sig, 2-paired) sebesar 0,000 atau 0. Karena 0,000 < 0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh dalam penggunaan metode team quiz dengan menggunakan media Film Animasi pada mata pelajaran IPS siswa kelas V MIN 2 Aceh Selatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Azzahra
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:20
Last Modified: 10 Feb 2023 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26686

Actions (login required)

View Item
View Item