Fenomena Cadar Sebagai Realitas Mahasiswa Hijrah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)

Winda Novia, 180302035 (2023) Fenomena Cadar Sebagai Realitas Mahasiswa Hijrah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Fenomena Cadar Sebagai Realitas Mahasiswa Hijrah    (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry)] Text (Fenomena Cadar Sebagai Realitas Mahasiswa Hijrah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsafat Universitas Islam Negeri Ar-Raniry))
Winda Novia, 180302035, FUF, SAA, 082369549285.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Fenomena Cadar Sebagai Realitas Mahasiswa Hijrah. (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Filsaft). Latar belakang penelitian ini adalah adanya fenomena peningkatan jumlah mahasiswi bercadar dilingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa motivasi atau alasan dari para mahasiswi yang memutuskan berhijrah dan menggunakan cadar dan bagaimana pemaknaan cadar bagi mahasiswi yang memakai cadar di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan metode studi kasus yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena pemakaian cadar di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat dengan mengetahui dan menjelaskan motivasi dan makna mahasiswi dalam berhijrah dan memutuskan menggunakan cadar. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi dan wawancara dengan informan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan informan dipilih langsung sebanyak 8 orang mahasiswi yang memakai cadar. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi mahasiswi hijrah dan bercadar karena ajaran agama, faktor lingkungan dan menjaga diri. Dan makna mahasiswi memakai cadar karena sebagai bentuk penjagaan diri, ketaatan kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Winda Novia
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:14
Last Modified: 10 Feb 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26691

Actions (login required)

View Item
View Item