Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Anak Menghafal Alquran Di Komplek Perumahan Dosen UIN Ar-Raniry.

Maulida Putri, 190303003 (2023) Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Anak Menghafal Alquran Di Komplek Perumahan Dosen UIN Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Anak Menghafal Alquran Di Komplek Perumahan Dosen UIN Ar-Raniry] Text (Peran Orang Tua Terhadap Keberhasilan Anak Menghafal Alquran Di Komplek Perumahan Dosen UIN Ar-Raniry)
Maulida Putri, 190303003, FUF, IAT, 085211588671.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, fenomena yang terjadi di masyarakat luas, banyak ditemukan orang tua yang masih belum bisa memberikan pendidikan pertama bagi anak terutama pendidikan di bidang Alquran, khususnya mendidik anak menghafal Alquran di rumah. Oleh karena itu, tidak sedikit dari mereka yang bergantung pada suatu kelembagaan, seperti TPA dan sekolah berbasis tahfīẓ, di dalam memberikan pendidikan pertama Alquran bagi anak. Namun, realita yang didapati di masyarakat Komplek Perumahan Dosen Uin Ar-Raniry tepatnya di Komplek Perumahan Dosen UIN Ar-Raniry, ternyata ada orang tua dari beberapa keluarga yang berhasil mendidik anak-anak menghafal Alquran di rumah sebelum diantarkan ke lembaga tahfīẓ tertentu, dan itupun masih dalam jumlah yang sangat sedikit.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua beserta anak-anak dari tiga keluarga hafīẓ Alquran di Komplek Perumahan Dosen UIN Ar-Raniry. Adapun teknik yang digunakan dalam menentukan informan penelitian adalah teknik purposive sampling yaitu memiliki kriteria tertentu yang menjadi fokus penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penulis menggunakan teknik analisis deskriptif dalam menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap keberhasilan anak menghafal Alquran di Komplek Perumahan Dosen Uin Ar-Raniry itu dimulaisejak anak-anak masih kecil dengan peranan orang tua sebagai madrasat al-ūla. Kemudian di dalam perannya mendidik anak menghafal Alquran di rumah orang tua membuat jadwal setoran, murāja’ah serta ikut berkecimpung di dalam proses anak menghafal Alquran. Orang tua juga menggunakan metode-metode tertentu, yaitu metode sima’ī, talaqqī, naẓarī , dan la’bī di dalam mendidik anak menghafal Alquran di rumah untuk membantu anak-anak mudah menghafal Alquran. Adapun kendala yang dihadapi orang tua di dalam proses mendidik anak menghafal Al-Qur’an meliputi kendala internal dan kendala eksternal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran, Keberhasilan, Menghafal Alquran
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Maulida Putri
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:52
Last Modified: 10 Feb 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26710

Actions (login required)

View Item
View Item