Mekanisme Pelaksanaan Investasi Reksadana Pada Aplikasi Bibit Ditinjau Dalam Perspektif Hukum Islam.

Jainul Ubaidillah, 170102014 (2023) Mekanisme Pelaksanaan Investasi Reksadana Pada Aplikasi Bibit Ditinjau Dalam Perspektif Hukum Islam. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mekanisme Pelaksanaan Investasi Reksadana Pada Aplikasi Bibit Ditinjau Dalam Perspektif Hukum Islam] Text (Mekanisme Pelaksanaan Investasi Reksadana Pada Aplikasi Bibit Ditinjau Dalam Perspektif Hukum Islam)
Jainul Ubaidillah, 170102014, FSH, HES, 085270726780.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Praktik jual beli saat ini sudah semakin berkembang, salah satunya yaitu jual beli reksadana yang disebut sebagai praktik jual beli kekinian. Jual beli reksadana merupakan alternatif bagi investor untuk mencari keuntungan dalam bidang investasi. Para investor bisa melakukan transaksi jual beli reksadana dengan mudah melalui berbagai media, salah satunya pada aplikasi bibit yang dilakukan melalui smartphone secara online. Tentunya selain tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Investor tentunya ingin mendapat keridhaan Allah SWT dalam pelaksanaannya dan sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Dalam skripsi ini, penulis akan meninjau bagaimana hukum Islam dalam pelaksanaan transaksi investasi reksadana secara online melalui aplikasi bibit. Berdasarkan latar belakang tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini merupakan bagaimana mekanisme transaksi pada investasi reksadana dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap investasi reksadana melalui aplikasi bibit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme transaksi pada investasi reksadana melalui aplikasi bibit dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis, penelitian ini memberikan penyajian masalah dengan mengumpulkan data. Sedangkan untuk jenis penelitiannya basic researh/penelitian dasar yang bertujuan untuk menjelaskan dan mengembangkan suatu ilmu untuk menemukan teori baru. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk melakukan transaksi pembelian reksadana pada aplikasi bibit maka investor atau pengguna harus mendaftarakan diri atau membuat akun pada aplikasi sehingga bisa melakukan pembelian dan berinvestasi reksadana. Investasi reksadana secara online melalui aplikasi bibit bahwa pada dasarnya reksadana dalam Islam dibolehkan selama tidak menyimpang dari syariat Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, Investasi Reksadana
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Jainul Ubaidillah
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:08
Last Modified: 10 Feb 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26718

Actions (login required)

View Item
View Item