Fitryani, 271222949 (2016) Supervisi Kepala Madrasah terhadap Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Konseling di Man Darussalam Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Fitri Yani.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB) | Preview
Abstract
Pelaksanaan Bimbingan Konseling di MAN Darussalam masih belum berjalan maksimal, hal itu terlihat dari pemberian layanan Bimbingan Konseling yang belum mencakup keseluruhan siswa-siswi, selain itu masih adanya siswa-siswi yang kurang memahami layanan Bimbingan Konseling seperti layanan bimbingan kelompok. Fasilitas ruangan Bimbingan Konseling yang belum memenuhi standar juga mengakibatkan tidak efektifnya pelaksanaan layanan konseling individual yang sangat mengutamakan azaz kerahasiaan. Adanya guru Bimbingan Konseling yang jarang mengadakan layanan dan kurang memperhatikan siswa-siswi juga perlu di tindaklanjuti langsung oleh kepala madrasah demi perbaikan ke depan. Kepala madrasah sendiri menyatakan kurang menguasai tentang indikator kompetensi profesional guru Bimbingan Konseling sehingga hal tersebut mempengaruhi kepala madrasah saat melakukan supervisi terhadap kompetensi profesional guru Bimbingan Konseling. Dalam mengatasi permasalahan di atas supervisi dari kepala madrasah sangat diperlukan. Oleh karena itu penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan supervisi yang dilakukan kepala madrasah terhadap kompetensi profesional guru Bimbingan Konseling. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui supervisi yang dilakukan kepala madrasah terhadap kompetensi profesional guru Bimbingan Konseling di MAN Darussalam Aceh Besar, untuk mengetahui tindak lanjut yang dilakukan kepala madrasah terhadap kompetensi profesional guru Bimbingan Konseling di MAN Darussalam Aceh Besar, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepala madrasah dalam melakukan supervisi terhadap kompetensi profesional guru Bimbingan Konseling di MAN Darussalam Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) supervisi dilakukan pada setiap tahun ajaran pada semester pertama dengan teknik kunjungan kelas, pembicaraan individual, dan diskusi kelompok. (2) Hasil supervisi ditindaklanjuti dengan cara penyampaian langsung kepada guru yang bersangkutan baik secara individual maupun kelompok (rapat). (3) Faktor pendukung pelaksanaan supervisi adalah adanya tanggapan positif dari guru-guru sedangkan faktor penghambat yaitu kesibukan dan keterbatasan waktu yang dimiliki kepala madrasah, kurangnya penguasaan kepala madrasah terhadap indikator dari kompetensi profesional guru Bimbingan Konseling dikarenakan kepala madrasah berlatar pendidikan Non-BK serta ketidakhadiran orang tua siswa/siswi saat guru Bimbingan Konseling mengadakan konferensi kasus.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Drs. Hasbi Wahy, M.Pd 2. Iis Marsithah, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional Guru Bimbingan Konseling |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Marlini Abdurrahman |
Date Deposited: | 28 Feb 2018 10:18 |
Last Modified: | 28 Feb 2018 10:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2672 |