Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Metode Diagnostik Three Tier Pada Materi Tatanama Senyawa Di SMA Negeri 1 Bireuen

Rizka Rahmayanti, 180208064 (2023) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Metode Diagnostik Three Tier Pada Materi Tatanama Senyawa Di SMA Negeri 1 Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rizka Rahmayanti, 180208064, FTK, PKM, 082216668308.pdf] Text
Rizka Rahmayanti, 180208064, FTK, PKM, 082216668308.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan adanya miskonsepsi yang terjadi pada siswa yakni pada materi tatanama senyawa. Siswa mengalami kesulitan dalam memberikan tatanama senyawa anorganik karena banyaknya aturan yang harus di perhatikan, serta kurangnya kemampuan dan intuisi siswa yang salah dalam memahami tatanama senyawa juga menjadi penyebab timbulnya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa pada materi tatanama senyawa dengan metode Diagnostik Three Tier. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tahap wawancara, persiapan dan pelaksanaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bireuen yang berjumlah 35 orang. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan tes Diagnostik Three Tier, kemudian data diolah menggunakan teknik perhitungan persentase dan dikategorikan tingkat miskonsepsinya. Hasil penelitian pada siswa kelas X diperoleh persentase rata-rata materi tatanama senyawa dikategorikan yang paham akan konsep sebanyak 31,6%, miskonsepsi sebanyak 2%, menebak sebanyak 0,9% dan kategori tidak paham konsep sebanyak 3,9%. Oleh karena itu hasil persentase diatas dapat tergolong dalam kategori rendah terdapat 6 orang dengan persentase 17,1%, kategori sedang terdapat 29 orang dengan persentase 82,9%, dan kategori tinggi tidak diperoleh satu siswapun diantara 35 siswa yang menjadi sampel maka dikategorikan 0 dengan persentase 0%. Penyebab miskonsepsi terjadi bisa dikarenakan oleh siswa itu sendiri tidak memahami konsep dengan baik, guru yang salah menyampaikan konsep, metode yang diajarkan oleh guru dan bisa juga disebabakan oleh buku yang dipakai untuk bahan ajar sehingga menyebabkan miskonsepsi pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rizka Rahmayanti
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:07
Last Modified: 10 Feb 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26724

Actions (login required)

View Item
View Item