Pengembangan Media Kotak Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kelas 1 MIN 8 Aceh Tengah.

Ruhamah, 180209034 (2023) Pengembangan Media Kotak Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kelas 1 MIN 8 Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Media Kotak Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kelas 1 MIN 8 Aceh Tengah] Text (Pengembangan Media Kotak Pintar Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kelas 1 MIN 8 Aceh Tengah)
Ruhamah, 180209034, FTK, PGMI, 082247482715.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan yang peneliti temukan saat proses pembelajaran yaitu kurangnya inovasi baru terhadap media yang ada di sekolah terkhususnya dalam pembelajaran matematika. Saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan alat peraga yang ada di sekitar lingkungan sekolah seperti batu dan lidi. Sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dan kurangnya motivasi belajar yang ada pada siswa yang menyebabkan proses pembelajaran merasa tidak menyenangkan. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat merubah proses pembelajaran menjadi menyenangkan dengan judul “Pengembangan Media Kotak pintar dalam Pembelajaran Matematika untuk Kelas 1 MIN 8 Aceh Tengah”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancangan dan langkah-langkah dalam penerapan media kotak pintar dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas 1 MIN 8 Aceh Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research amd Development, yang mengacu pada model 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi materi, angket respon guru. Berdasarkan dari hasil validasi terhadap media memperoleh skor 91,6% dan validasi terhadap materi memperoleh skor 87,5% dengan kriteria “sangat layak”. Sedangkan data yang di validasi oleh guru setelah di uji cobakan pada siswa untuk nilai validasi materi memperoleh skor 100% dan validasi media memperoleh 97,2% dengan katagori “sangat layak”. Dengan demikian Media Kotak pintar dalam Pembelajaran Matematika untuk Kelas 1 MIN 8 Aceh Tengah layak di gunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, kotak pintar
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruhamah Ruhamah
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:07
Last Modified: 10 Feb 2023 03:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26727

Actions (login required)

View Item
View Item