Rutinitas Pembacaan Surah Al-Anbiyā’ ayat 79 Sebelum belajar Pada Santri Dayah Ummul Ayman Samalanga.

Syifa Urrahmi, 190303102 (2023) Rutinitas Pembacaan Surah Al-Anbiyā’ ayat 79 Sebelum belajar Pada Santri Dayah Ummul Ayman Samalanga. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Rutinitas Pembacaan Surah Al-Anbiyā’ ayat 79   Sebelum belajar Pada Santri Dayah Ummul Ayman Samalanga] Text (Rutinitas Pembacaan Surah Al-Anbiyā’ ayat 79 Sebelum belajar Pada Santri Dayah Ummul Ayman Samalanga)
Syifa Urrahmi. 190303102, FUF, IAT, 085362522788.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Surah al-Anbiyā’ ayat 79 merupakan ayat Al-Qur’an yang diyakini mujarab, sehingga mudah dalam memahami pelajaran. Penggunaan ayat tersebut sebagai doa sebelum belajar belum begitu familiar dan dikenal luas di masyarakat umum sebagaimana doa-doa belajar yang lain. Jika dilihat dari makna ayat ini tidak ada arti khusus sebagai doa belajar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik pembacaan doa ini sebelum belajar, filosofi dari penerapan pembacaan doa ini dan dampak doa ini terhadap pemahaman pelajaran santri Dayah Ummul Ayman Samalanga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datang yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis penelitian ini adalah: pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan praktik pembacaan surah al-Anbiyā’ ayat 79 di Dayah Ummul Ayman dilakukan setiap sebelum belajar secara konsisten. Adapun filosofi dari penerapan pembacaan surah al-Anbiyā’ ayat 79 sebelum belajar, bermula dari seorang guru pengganti yang mengajar doa ini dan menganjurkan untuk dibaca sebelum belajar di dayah tersebut pada tahun 2009, sehingga sampai saat sekarang doa ini sudah menjadi doa pokok yang selalu dibaca oleh santri sebelum belajar. Para santri dan dewan guru meyakini doa ini adalah doa mujarab, sehingga mereka merasakan dampak dari membaca doa ini terhadap kemudahan dalam belajar dan menghafal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rutinitas pembacaan, Surah al-Anbiyā’ ayat 79, belajar
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Syifa Urrahmi
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:14
Last Modified: 10 Feb 2023 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26735

Actions (login required)

View Item
View Item