Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dalam Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar

Linda Yani, 170211018 (2022) Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dalam Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dalam Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar] Text (Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dalam Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar)
Skripsi Linda Yani, 170211018, FTK, PTE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian berkaitan tentang “Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dalam Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Kelas X Di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam memecahkan persoalan pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik penerapan model pembelajaran jigsaw kelas X di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan instrumen soal pretest posttest dan angket sebagai alat pengumpulan data. Sampel dalam penelitian ini merupakan peserta didik kelas X TITL yang berjumlah 8 orang. Teknik analisis data menggunakan rubrik pedoman penskoran dan kategori kemampuan berfikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis siswa meningkat melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif jigsaw. Hal ini dapat dilihat pada kategori kemampuan berfikir kritis siswa yang menunjukkan bahwa pada saat pretest berada pada rentang kurang kritis dengan nilai dibawah 59, sedangkan pada saat posttest meningkat pada rentang sangat kritis dengan persentase tertinggi yang mendapatkan nilai 80. Nilai rata-rata siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw adalah 12,5% lalu meningkat menjadi 74,4% setelah menggunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw. Kemudian respon siswa yang diperoleh termasuk dalam kategori tinggi, yaitu dengan persentase sebesar 82,5%. Hal ini bermakna bahwa peserta didik menyukai penerapan metode kooperatif jigsaw. Maka dapat disimpulkan bahwa, kemampuan berfikir kritis siswa meningkat melalui penggunaan metode pembelajaran kooperatif jigsaw

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Linda Yani Linda
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:38
Last Modified: 10 Feb 2023 03:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26744

Actions (login required)

View Item
View Item