Program Peningkatan Kemampuan Menggunakan Teknologi Informasi Komputer (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru MTsN 6 Aceh Besar.

M. Farhan Kamal, 170212156 (2023) Program Peningkatan Kemampuan Menggunakan Teknologi Informasi Komputer (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru MTsN 6 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Program Peningkatan Kemampuan Menggunakan Teknologi Informasi Komputer (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru MTsN 6 Aceh Besar] Text (Program Peningkatan Kemampuan Menggunakan Teknologi Informasi Komputer (Tik) Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru MTsN 6 Aceh Besar)
M. Farhan Kamal, 170212156, FTK, PTI, 085207208792.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Pengelolaan pembelajaran berbasis TIK merupakan salah satu kompetensi profesional yang harus dipenuhi oleh guru, karena perubahan pola pembelajaran dari penggunaan metode ceramah menjadi pembelajaran yang lebih inovatif dengan memanfaatkan media TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru, kendala yang dihadapi dan upaya meningkatkan kemampuan guru MTsN 6 Aceh Besar untuk memanfaatakan TIK dalam pembelajaran baik sebagai media, sumber belajar maupun penggunaan aplikasi-aplikasi pembelajaran berbasis TIK. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif pada pada semester ganji tahun 2022/2023 mulai bulan juli sampai dengan desember 2022. Hasil penelitian tentang kemampuan guru MTsN 6 Aceh Besar untuk memanfaatkan TIK dalam pembelajaranan dapat dikategorikan sebagai berikut: (1) sudah mahir menggunakan dan sering memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, (2) sudah mampu, namun belum mahir dan kadang-kadang memanfaatkan TIK dalam pembelajaran, (3) belum mampu memanfaatkan TIK dengan optimal dalam pembelajaran. Kendala penggunaan TIK dalam pembelajaran disebabkan ketersediaan fasilitas atau sarana dan prasarana pembelajaran TIK yang belum lengkap di dalam kelas, kemampuan guru menggunakan alat dan perangkat TIK, alokasi waktu pembelajaran dan kendala teknis seperti pemadaman listrik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru adalah: (1) Pembinaan guru melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan workshop, (2) Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK), (3) kegiatan mandiri oleh guru dengan cara mengikuti seminar, workshop, bimtek dan pelatihan yang dilakukan oleh penyelenggara kegiatan pembinaan guru di luar madrasah secara langsung maupun secara daring.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan guru, TIK, Pembelajaran, Mengajar, Media.
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
000 Computer Science, Information and System > 005 Computer Programming, Program & Data
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: M. Farhan Kamal
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:55
Last Modified: 10 Feb 2023 03:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26745

Actions (login required)

View Item
View Item