Penerapan Software Codevision AVR Pada Mata Pelajaran Pemrograman Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Di SMK Muhammadiyah Banda Aceh

Amien Refnas Rais, 18021109 (2022) Penerapan Software Codevision AVR Pada Mata Pelajaran Pemrograman Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Di SMK Muhammadiyah Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Software Codevision Avr Pada Mata Pelajaran Pemrograman Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Di Smk Muhammadiyah Banda Aceh] Text (Penerapan Software Codevision Avr Pada Mata Pelajaran Pemrograman Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Di Smk Muhammadiyah Banda Aceh)
Amien Refnas Rais, 180211019, FTK, PTE (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Software CodeVision Avr (Alf and Vegard’s Risc processor) adalah perangkat lunak yang berada dikomputer yang berfungsi untuk memprogram Mikrokontroler dan menggunakan bahasa C, penerapan Software CodeVision Avr belum diperkenalkan kepada siswa kelas XI TAV, selama ini para siswa awalnya menggunakan Software Arduino yang diajarkan untuk melakukan pemrograman, dapat peneliti simpulkan proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan Software Arduino pada sekolah SMK Muhammadiyah Banda Aceh kelas XI TAV masih terdapat kendala yang beberapa siswa sebagian dari mereka terlihat bosan dan kurang memperhatikan guru yang mengajar sehingga tidak ada kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensinya. Dengan diterapkan Software CodeVision Avr adalah untuk membuat pembelajaran pemrograman pada kelas XI TAV lebih aktif serta dapat membantu siswa lebih mudah mengerti dalam dasar pemograman dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di karenakan Software CodeVision Avr memiliki satu fitur yang memudahkan para programmer pemula dapat membuat kepala program dan tubuh program dalam hitungan menit yang bernama CodeWizard Avr. Rumusan masalah adalah bagaimana pengaruh penggunaan Software Codevision Avr untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh dan hasil belajar siswa setelah menggunakan Software CodeVision Avr. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 3 Siklus dengan sampel penelitian siswa XI TAV. Teknik pengumpalan data dalam penelitian ini menggunakan tes Pre-Test dan Post-Test serta dengan uji tes ujian kelompok dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Software CodeVision Avr dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata yang didapatkan pada akhir siklus III dengan nilai rata yang di dapatkan adalah 81,25. Sedangkan pada ujian kelompok nilai rata – rata 95,75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Amien Refnas Rais Amien
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:58
Last Modified: 10 Feb 2023 03:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26747

Actions (login required)

View Item
View Item