Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAN 6 Pidie

Nurazizah, 251324531 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Usaha dan Energi di MAN 6 Pidie. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengenai tentang Pendidikan, Metode]
Preview
Text (Mengenai tentang Pendidikan, Metode)
NURAZIZAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Form B dan Form D.pdf]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks untuk belajar yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti peroleh di MAN 6 Pidie, peserta didik kurang dalam kemampuan pemecahan masalah dan menganggap fisika sulit di mengerti sehingga kurangnya aktivitas dalam pembelajaran dan hasil belajar peserta didik yang diperoleh pada mata pelajaran fisika kurang memuaskan. Maka perlu adanya Model Pembelajaran yang mendukung kegiatan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI terhadap Hasil belajar pada materi usaha dan energi dan Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap Model Pembelajaran PBI. Jenis penelitian ini menggunakan metode Quasy Eksperiment dengan pretest-posttest control group design. yang dipilih secara Sampel Jenuh, dengan sampel Kelas Eksperimen XI-IPA2 dan Kelas Kontrol XI-IPA1. Pengumpulan data dengan instrumen penelitian yaitu soal tes dan angket respon peserta didik. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari angket Respon dianalisis menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji statistik setelah diterapkan Model Pembelajaran PBI didapat thitung> ttabel yaitu 5,21 > 1,67, (2) Hasil respon peserta didik terhadap model pembelajaran PBI dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan semangat dalam belajar sehingga hasil belajar peserta didik meningkat, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBI berpengaruhterhadap hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Mursal, M.Si; 3. Arusman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model PBI, Hasil Belajar, Usaha dan Energi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nurazizah Aminah
Date Deposited: 28 Feb 2018 04:00
Last Modified: 28 Feb 2018 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item
View Item