Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Mimpi Ananda Raih Semesta

Yusrizal, 170201114 (2023) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Mimpi Ananda Raih Semesta. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Mimpi Ananda Raih Semesta] Text (Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Mimpi Ananda Raih Semesta)
Yusrizal, 170201114, FTK, PAI, 082311732133.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan pendidikan Islam ialah mendukung tercapainya tujuan penciptaan manusia, yaitu menjadi khalifah dibumi. Maka selayaknya pendidikan Islam mampu mengantarkan pada hakikat manusia tersebut. Dibutuhkan sarana maupun media yang tepat agar pendidikan Islam tetap berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan kondisi dan situasi. Ditengah perkembangan zaman yang semakin pesat, selain memanfaatkan media teks kini banyak digunakan media audio-visual atau film. Film menjadi salah satu media untuk menyampaikan pesan pendidikan. Seorang yang ingin menyerap pesan yang baik dari film maka harus memilih dan memilah film yang baik pula. Salah satu film yang menuangkan pesan ajaran pendidikan Islam tersebut ialah film “Mimpi Ananda Raih Semesta”. Dari judul yang kental akan isyarat pendidikan Islam tersebut mendorong peneliti untuk meneliti film tersebut. Peneliti mencoba mengetahui, menelaah dan menganalisis guna mencari dan menemukan nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Nilai-nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta.Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis isi (content analisys) yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi, yang didokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gambar, suara maupun tulisan. Kemudian dilakukan interprestasi secara deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran dan penafsiran serta uraian tentang data yang telah terkumpul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Mimpi Ananda Raih Semesta memiliki nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung didalamnya. Nilai-nilai pendidikan Islam yang termuat dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta diantaranya adalah: Nilai Pendidikan Aqidah: nilai pendidikan Aqidah berkenaan dengan dengan keimanan. Didapati dalam dialog dan adegan film menunjukkan adanya nilai tabliq, nilai tauhid, nilai taqwa, nilai tawakkal, dan nilai ikhlas. Nilai Pendidikan Syari’ah: nilai pendidikan syariah berkenaan dengan ibadah dan hukum yang ditetapkan untuk sebuah amalan. Adapun nilai syari’ah terdiri atas nilai muamalah, nilai amanah dan bertanggung jawab, nilai cinta tanah air, dan nilai seruan membaca. Nilai Pendidikan Akhlak: dalam aspek nilai pendidikan akhlak, peneliti mendapati nilai-nilai sebagai berikut: nilai berbakti kepada orang tua, nilai tolong menolong, nilai keramahan, dan nilai adab bertamu dan menerima tamu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yusrizal Rizal
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:27
Last Modified: 03 Mar 2023 02:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26772

Actions (login required)

View Item
View Item