Efektivitas Model Complete Sentence Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pesera Didik Di Kelas IV MIN 1 Aceh Barat Daya

Alpianti, 150209006 (2022) Efektivitas Model Complete Sentence Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pesera Didik Di Kelas IV MIN 1 Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Efektivitas Model Complete Sentence Pada Pembelajaran Tematik] Text (Efektivitas Model Complete Sentence Pada Pembelajaran Tematik)
Alpianti, 150209006, FTK, PGMI, 085319578958.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penulis yang dilakukan di MIN 1 Aceh Barat Daya, peneliti menemukan fakta bahwasannya didalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah serta mengandalkan media cetak seperti buku paket. Sehingga membuat suasana belajar terlihat seperti biasa aja, disamping itu suatu pembelajaran itu juga mampu memperkuat kesadaran diri peserta didik dikarenakan ada hal-hal yang baru yang dapat ditemukan pada suatu pembelajaran berlangsung. Salah satunya dengan membuat model yang sesuai dengan pembelajaran yang diajarkan sehingga, suasana belajar akan terlihat lebih aktif serta antusias peserta didik akan terlihat. Model pembelajaran dikatakan efektif jika dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Apabila secara statistik hasil belajar peserta didik menunjukkan perbedaan yang siginifikan antara pemahaman awal dengan pemahaman setelah pembelajaran (gain yang signifikan) maka model tersebut sudah efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model complete sentence pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV MIN 1 Aceh Barat Daya. Rancangan penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Desaignt.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil belajar pesera didik pada tema Indahnya Keragaman Negeriku dengan menggunakan model Complete Sentence berpengaruh secara efektifitas terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan hasil analisis t menunjukkan bahwa bahwa thitung > ttabel (2,937 > 2.052). Dengan demikian hipotesis observasi (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa efektivitas model pembelajaran complete sentence pada tema Indahnya Keragaman Negeriku dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yuni Setia Ningsih, S.Ag., M.Ag 2. Rafidhah Hanum, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Complete Sentence, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Alpianti Yanti
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:36
Last Modified: 13 Feb 2023 02:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26779

Actions (login required)

View Item
View Item