Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa

Isna Pujiati, 170201149 (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa] Text (Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa)
Isna Pujiati, 170201149, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pembinaan akhlak siswa di sekolah tidak hanya didapatkan dengan teori-teori pengetahuan saja namun juga bisa dilakukan di luar proses belajar mengajar, seperti guru menjadi contoh yang baik bagi siswa agar memiliki akhlak yang baik sesuai dengan ajaran Islam. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 11 Binjai 2.) Apa hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 11 Binjai 3.) Apa Upaya guru dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 11 Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa yaitu dengan cara memberikan nasehat, ceramah dan mengerjakan hal-hal positif seperti shalat berjamah, membaca Al-Qur’an dan berdoa setiap memulai kegiatan. Hambatan yang dihadapi guru PAI dalam membina akhlak siswa yaitu peran orang tua yang kurang mendukung terhadap anak dalam keluarga, lingkungan pergaulan siswa yang kurang baik, dan kurangnya kemauan siswa untuk mengubah akhlaknya. Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam membina akhlak siswa adalah dengan cara menanamkan nilai-nilai agama saat proses pembelajaran, memberikan nasihat, peringatan dan hukuman. Kesimpulannya masih perlu dilakukan peningkatan pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 11 Binjai, baik itu tingkat sekolah, oraang tua maupun tingkat lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isna Pujiati Isna
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:42
Last Modified: 13 Feb 2023 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26782

Actions (login required)

View Item
View Item