Pro Kontra Islam Kejawen Di Dalam Masyarakat gayo (Studi Kasus Desa Blang Pulo Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah)

Nurul Fatanah, 160305126 (2023) Pro Kontra Islam Kejawen Di Dalam Masyarakat gayo (Studi Kasus Desa Blang Pulo Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Pro Kontra Islam Kejawen Di Dalam Masyarakat gayo (Studi Kasus Desa Blang Pulo Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah)] Text (Pro Kontra Islam Kejawen Di Dalam Masyarakat gayo (Studi Kasus Desa Blang Pulo Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah))
Nurul Fatanah, 160305126, FUF, SA, 082240900134.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Etnis Jawa disini merupakan masyarakat yang masih menjalankan adat istiadat tradisi Jawa dan berada menetap lama di Aceh. Disetiap tradisi upacara masih bersinggungan dengan Islam kejawen.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana masyarakat desa Blang Pulo bisa tertarik dengan Islam Kejawen dan apa saja Pro Kontra Islam kejawen didalam Masyarakat Gayo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Jawa dan Gayo dalam menyikapi budaya Islam kejawen memiliki pro dan kontra. Pro kontra dalam memaknai tradisi yang dilakukan oleh masyarakat etnis etnis Gayo memiliki dua pandangan antara pro (setuju) dan kontra (tidak setuju), dimana masyarakat Gayo setuju dengan tradisi Islam kejawen dan menggangap budaya itu unik dan dibalik itu ada juga masyarakat yang tidak setuju dimana masyarakat Gayo menganggap tradisi upacara budaya Jawa itu mistik.Upacara tradisi Jawa yang dilakukan di tengah-tengah masyarakat Gayo juga sedikit mengikuti aturan yang berlaku disana. Upacara tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa di desa Blang Pulo dilaksanakan di tempat-tempat masyarakat Jawa tinggal, jika masyarakat Jawa mengikuti dan hadir dalam tradisi masyarakat Gayo maka masyarakat Jawa akan mengikuti setiap proses adat Gayo dan berbaur dengan masyakat Gayo dan juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Sosiologi Agama
Depositing User: Nurul Fatanah
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:53
Last Modified: 13 Feb 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26786

Actions (login required)

View Item
View Item