Pengaruh Pemberian Reward Wayang Islami Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di TK Negeri 5 Banda Aceh

Solja Anjeli, 180210068 (2022) Pengaruh Pemberian Reward Wayang Islami Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di TK Negeri 5 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pemberian Reward Wayang Islami Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di TK Negeri 5 Banda Aceh] Text (Pengaruh Pemberian Reward Wayang Islami Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak di TK Negeri 5 Banda Aceh)
Solja Anjeli, 180210068, FTK, PIAUD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Rasa percaya diri sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak, dengan begitu percaya diri harus dipupuk sejak dini. Seorang pendidik, baik orang tua maupun guru, sebaiknya memberikan reward kepada anak, berupa pujian, hadiah dan lain-lain. Dengan memberikan reward dapat membuat senang dan percaya diri pada anak, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah ada beberapa anak usia dini yang belum memiliki rasa percaya diri ketika proses pembelajaran berlangsung di TK Negeri 5 Banda Aceh. Contohnya masih ada beberapa anak yang belum berani untuk tampil kedepan, masih ada anak yang diam ketika diajak berbicara, ada anak yang belum bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru, dan belum berani mengemukakan pendapat sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward wayang islami untuk meningkatkan kepercayaan diri anak di TK Negeri 5 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif yaitu One-Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji normalitas, uji t dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan data pre-test diperoleh nilai rata-rata 34% dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan pos-test diperoleh nilai rata-rata 56% dalam kategori Berkembang Sesuai dengan Harapan (BSH). Pengujian hipotesi uji-t diperoleh nilai t_(hitung ) lebih besar dari pada t_(tabel ) berarti, t_(hitung ) > t_(tabel ) yaitu 12.12 > 1.746. Dengan demikian, maka H_(a )diterima H_(o )ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pemberian reward wayang islami berpengaruh terhadap kepercayaan diri anak di TK Negeri 5 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Solja Anjeli Solja
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:17
Last Modified: 14 Feb 2023 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26791

Actions (login required)

View Item
View Item