Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri 4 Teupah-Tengah Kabupaten Simeulue

Vitria Maulida, 180201171 (2023) Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SD Negeri 4 Teupah-Tengah Kabupaten Simeulue. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri 4 Teupah-Tengah Kabupaten Simeulue] Text (Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SD Negeri 4 Teupah-Tengah Kabupaten Simeulue)
Vitria Maulida, 180201171, FTK, PAI, 082362000772.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Pendidikan anak tidak dapat dipisahkan dari peran orang tua. semakin tinggi tingkat pehatian orang tua terhadap anak maka semakin rajin anak dalam belajar sehingga anak mendapatkan hasil belajar yang baik dan mendapatkan prestasi di sekolah. Penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk perhatian orang tua terhadap belajar anak-anaknya, bagaimana hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan apakah ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SD Negeri 4 Teupah-Tengah, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini teknik Purposive Sampling, yaitu mengambil dan menetapkan sampel berdasarkan kelas atau kelompok sesuai dengan kebutuhan penelitian yaitu seluruh siswa-siswi kelas V SD Negeri 4 Teupah-Tengah Kabupaten Simeulue yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Mithod, pengumpulan data yang digunakan ialah angket dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan 25 butir soal angket yang diuji keseluruhannya valid, sedangkan hasil reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,711 dan dinyatakan reabel. Analisis korelasi uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bentuk perhatian orang tua terhadap anak-anaknya hal ini dibuktikan dari hasil angket dan alternatif jawaban “Cukup Baik, dengan bukti hasil 47,6%. Sedangkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dibuktikan dari hasil ulangan harian siswa dengan nilai rata-rata 1670:20= 83,5 ditunjukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) PAI kelas V adalah 76. Adapun hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI, hal ini ditunjukan dengan analisis product moment dengan kriteria pengambilan yaitu nilai signifikan > 0,05 maka Ho dan jika nilai signifikan < 0,05 Ha diterima. Hasil analisis data diperoleh dengan nilai signifikan (sig. 2 tailed) koefisien korelasi sebesar 0,644> dari r tabel 0,444 dan taraf signifikan 0,000< 0,05 dengan tingkat hubungan kuat, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 4 Teupah-Tengah Kabupaten Simeulue.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vitria Maulida
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:51
Last Modified: 14 Feb 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26802

Actions (login required)

View Item
View Item