Upaya Tokoh Masyarakat Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Remaja (Studi Deskriptif di Gampong Keude Jungka Gajah Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara).

Iza Salfiani, 180402007 (2023) Upaya Tokoh Masyarakat Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Remaja (Studi Deskriptif di Gampong Keude Jungka Gajah Kecamatan Meurah Mulia Kabupaten Aceh Utara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Upaya Tokoh Masyarakat Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Remaja] Text (Upaya Tokoh Masyarakat Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Remaja)
Iza Salfiani, 180402007, FDK, BKI, 085359105315.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Dalam kehidupan masyarakat interaksi sosial merupakan kunci dari semua kehidupan sosial, karena tanpa ada interaksi sosial tidak akan mungkin ada kehidupan bersama. Gampong Keude Jungka Gajah merupakan gampong yang kurang dalam berinteraksi sesama masyarakat, sehingga hubungan interaksi kurang baik, dilihat dari tokoh masyarakat yang kurang maksimal dalam melaksanaan perannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya tokoh masyarakat dalam meningkatkan interaksi sosial pada remaja, dan untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat tokoh masyarakat dalam meningkatkan interaksi sosial pada remaja. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan mengumpulkan data yang meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan dan ketentuan yang dipilih oleh peneliti sendiri, informan dalam penelitian ini adalah Keuchik, Tuha Peut, Tengku Imum, Tokoh Masyarakat dan 5 Remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh masyarakat sudah berperan dalam meningkatkan interaksi sosial pada remaja. Tokoh masyarakat sudah memberikan berbagai upaya dalam meningkatkan interaksi sosial seperti, mengadakan pengajian, memberi nasehat, bimbingan, dan lainnya. Tokoh masyarakat sudah berperan maksimal dalam meningkatkan interaksi sosial pada remaja. faktor pendukung terdapat adalah masih ada remaja yang ingin mengikuti serangkaian kegiatan gampong sedangkan faktor penghambat dari segi orangtua juga terpengaruh karna tidak dibimbing dan tidak menyuruh remaja untuk bergaul.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tokoh Masyarakat, Interaksi Sosial, Remaja
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Depositing User: Iza Salfiani
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:50
Last Modified: 14 Feb 2023 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26803

Actions (login required)

View Item
View Item