Fungsi Shalat Dhuha Untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi.

Rizki Khaira, 180402020 (2023) Fungsi Shalat Dhuha Untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Fungsi  Shalat Dhuha Untuk Mengurangi Kecemasan  Mahasiswa  Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi] Text (Fungsi Shalat Dhuha Untuk Mengurangi Kecemasan Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Islam Fakultas Dakwah Dan Komunikasi)
Rizki Khaira, 180402020, FDK, BKI, 082211620208.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir memiliki tuntutan untuk menyelesaikan tugas akhirnya yaitu skripsi. Penyebab yang membuat mahasiswa terhambat dalam menyelesaikan skripsi dikarenakan mahasiswa yang tidak fokus dengan judul penelitiannya, merasa tidak mampu mengerjakan skripsi, perasaan sedih sehingga menimbulkan kecemasan. Kecemasan adalah kondisi jiwa yang penuh ketakutan dan kekhawatiran serta ketakutan akan apa yang mungkin terjadi, disebabkan karena adanya ancaman biologis maupun fisiologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa sajakah bentuk-bentuk dari kecemasan mahasiswa dan bagaimana fungsi shalat dhuha dapat menangani kecemasan mahasiswa prodi BKI. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian empat orang yang merupakan mahasiswa prodi BKI. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif interaktif dengan melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga bentuk kecemasan yang dialami mahasiswa akhir yaitu neurotic anxiety adalah kecemasan yang ditimbulkan sebab adanya dorongan dari id atau dalam diri, moral anxiety adalah kecemasan yang ditimbulkan karena adanya konflik antara ego dan superego, dan realistic anxiety adalah kecemasan yang objektif yaitu sebagai reaksi dari ego yang terjadi setelah mengalami situasi yang membahayakan dan dengan melakukan shalat dhuha mahasiswa mendapatkan ketenangan jiwa sehingga kecemasan yang dialami mahasiswa pun mulai berkurang. Shalat dhuha yang dilakukan sebagai penanganan kecemasan mahasiswa memiliki manfaat yang sangat besar. Ibadah tersebut mampu menciptakan rasa tenang dan tentram dalam jiwa, menyingkirkan perasaan takut, gelisah, dan cemas, memberikan kekuatan spiritual yang dapat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit fisik maupun psikis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Shalat Dhuha, Kecemasan
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rizki Khaira
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:49
Last Modified: 14 Feb 2023 02:49
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26805

Actions (login required)

View Item
View Item