Efektifitas Metode Drill And Practice Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas 11 Di MAN 6 Kuta Baro

Fahira, 180202158 (2023) Efektifitas Metode Drill And Practice Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas 11 Di MAN 6 Kuta Baro. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Efektifitas Metode Drill And Practice Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas 11 Di MAN 6 Kuta Baro] Text (Efektifitas Metode Drill And Practice Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Pelajaran Bahasa Arab Kelas 11 Di MAN 6 Kuta Baro)
Fahira, 180202158, FTK, PBA, 082319124569.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti bahwa pembelajaran Bahasa Arab untuk kelas 11 di MAN 6 Kuta Baro tidak terlalu aktif saat melaksanakan proses pembelajaran, dan banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca serta memahami materi yang telah disampaikan oleh guru. Dari hasil pengamatan peneliti, ketika guru sedang mengajar siswa hanya mendengar saja apa yang dijelaskan oleh guru, dan guru juga belum menggunakan metode dan media yang tepat dalam mengajar, akhirnya siswa merasa bosan dan tidak fokus saat belajar sehingga pembelajaran menjadi tidak efektif. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti ingin menerapkan metode Drill and Practice untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pada pelajaran Bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca dan memahami teks pada pelajaran Bahasa Arab setelah menerapkan metode Drill and Practice. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain One Grup Pre-Test Post-Test Desain. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen serta menggunakan lembar observasi langsung. Jumlah populasi dalam penelitian ini sekitar 90 siswa/I kelas 11 MAN 6 Kuta Baro. Dan 30 siswa kelas 11 B MAN 6 Kuta Baro sebagai sampel pada penelitian ini. Menerapkan metode Drill and Practice efektif dala meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan memahami teks Bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,00 <0,05. Penerapan metode Drill and Practice ini mendapatkan hasil sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai observasi langsung aktivitas guru 94,2% dan nilai observasi langsung aktivitas siswa 92,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fahira Fahira
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:08
Last Modified: 14 Feb 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26807

Actions (login required)

View Item
View Item