"Peran Koperasi Syariah Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)” (Studi Pada Koperasi Syariah Bina Insan Mandiri Banda Aceh)

Zikra Ulfa, 180602155 (2022) "Peran Koperasi Syariah Terhadap Peningkatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)” (Studi Pada Koperasi Syariah Bina Insan Mandiri Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Koperasi Syariah] Text (Koperasi Syariah)
Zikra Ulfa, 180602155, FEBI, ES, 082272279201.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Koperasi syariah adalah salah satu lembaga keuangan mikro syariah yang mendukung peningkatan usaha ekonomi pengusaha mikro dan kecil yang berdasarkan sistem syariah. Keberadaan koperasi syariah dalam meningkatkan UMKM harus senantiasa dipupuk dan dipelihara sehingga menjadi salah satu alternatif yang baik dalam memecahkan kendala berkembangnya UMKM terutama dalam hal permodalan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran dan strategi koperasi syariah terhadap peningkatan UMKM, untuk melihat kendala dalam meningkatkan UMKM serta mengetahui bagaimana dampak pembiayaan yang dilihat dari pendapatan anggota setelah menerima pembiayaan modal dari Koperasi Syariah Bina Insan Mandiri Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Koperasi Syariah Bina Insan Mandiri adalah sebagai badan usaha ekonomi yang bertugas membantu anggota/masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi terbatas. Dampak dari pembiayaan modal usaha di Koperasi Syariah Bina Insan Mandiri sangat berpengaruh terhadap pendapatan dan kelangsungan hidup mereka serta dampaknya sangat baik dan bermanfaat bagi keseharian mereka dalam meningkatkan usaha dan memenuhi kebutuhan. Dan kendala yang sering terjadi adalaha kemacetan piutang karena keterlambatan pembayaran angsuran oleh anggota.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Zikra Ulfa Ulfa
Date Deposited: 14 Feb 2023 03:01
Last Modified: 14 Feb 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26811

Actions (login required)

View Item
View Item